Tips Membuat Kemasan Makanan untuk Bisnis Kuliner – Memulai bisnis bisa dibilang mudah dan sulit apalagi jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis di bidang kuliner. Hal pertama yang harus dipikirkan adalah rasa. Sayang sekali jika Anda telah menghabiskan banyak uang untuk memulai bisnis kuliner, tetapi makanan yang Anda jual tidak enak dan tidak dapat diterima oleh calon pelanggan.

Tips Membuat Kemasan Makanan untuk Bisnis Kuliner

Ketika rasa makanan yang Anda buat sudah enak dan dapat diterima konsumen, maka makanan Anda juga diserbu oleh para penikmat kuliner, kini saatnya Anda memutuskan bagaimana Anda membuat kemasan makanan untuk industri kuliner. Makan enak jika tidak ditunjang dengan kemasan yang tepat tentu akan mengurangi citra bisnis kuliner yang Anda jalankan.

Tidak sedikit konsumen yang datang ke toko makanan dan mengajukan keluhan karena kemasannya yang cacat, rusak atau bahkan kurang aman saat mengemas makanan. Oleh karena itu, pembuatan kemasan makanan untuk bidang kuliner sangat penting untuk dipikirkan. Lalu bagaimana cara membuat kemasan yang baik? Simak penjelasan berikut ini.

  1. Terbuat dari Bahan Food Grade (Food Grade)

Pengemasan pangan yang baik harus aman untuk pangan, tidak mengandung zat berbahaya yang membahayakan kesehatan konsumen, serta harus mampu menyimpan pangan dalam kemasan dengan baik dan tidak mengubah warna dan rasa dari pangan itu sendiri.

  1. Mudah dibuka saat dikonsumsi

Kedua, kemasan yang digunakan harus sederhana dan nyaman. Maksudnya adalah ketika konsumen ingin menikmati makanan yang dibelinya, ia tidak akan kesulitan membuka kemasannya. Contoh kemasan yang mudah digunakan dan cocok untuk segala jenis usaha kuliner adalah food bucket, rice bowl, lunch box dan bento box.

  1. Kemasan makanan harus memiliki desain yang menarik

Jika menggunakan kemasan biasa pasti akan kurang diminati konsumen karena konsumen yang datang ke toko makanan tidak hanya membeli produk makanan yang Anda jual, banyak juga yang akan mengabadikannya melalui media sosial.

Jadi jika kemasan paper launch box yang Anda gunakan didesain dengan baik dan menarik tentunya dapat menggugah minat konsumen dan produk yang Anda jual tanpa sadar dipromosikan secara gratis.

  1. Menyediakan data legalitas pemerintah

Cara ini merupakan salah satu yang sangat penting dalam bisnis kuliner. Menyertakan data legalitas pemerintah, seperti halal MUI, P-IRT dan BPOM, dapat membantu meningkatkan jaminan bahwa makanan yang Anda jual aman untuk dikonsumsi. Namun perlu Anda ketahui, hal ini bisa dilakukan jika Anda sudah mendapatkan legalitasnya melalui instansi terkait.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat kemasan makanan food grade untuk bisnis kuliner yang Anda jalankan. Untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, Anda juga perlu mengembangkan bisnis Anda.

Cara termudah untuk menjangkau lebih banyak konsumen adalah dengan menggunakan media sosial, seperti Instagram. Instagram memungkinkan Anda untuk mengiklankan bisnis dan produk makanan Anda, dan Anda juga dapat membuat promo untuk konsumen yang setia dengan bisnis kuliner Anda.