Tips Agar Website Muncul di Featured Snippet  – Featured Snippet  dan SEO adalah dua hal yang saling terkait. Jika website Anda muncul di Google snippet, maka salah satu faktornya adalah SEO. Sebaliknya, ketika website Anda berada di Featured Snippet, peluang untuk dikunjungi semakin tinggi. Hal ini akan berpengaruh pada peningkatan traffic website dan disinilah SEO berjalan dengan lancar.

Ketika Featured Snippet  diluncurkan, mereka yang bergerak di bidang SEO khawatir hal itu akan berdampak negatif pada RKT. Namun, penelitian oleh Search Engine Land pada tahun 2015 menunjukkan bahwa keberadaan snippet justru meningkatkan CTR.

Tips Agar Website Muncul di Featured Snippet

Untuk memastikan konten situs web Anda muncul di Featured Snippet  dan mendapatkan banyak klik, berikut adalah beberapa tips untuk diikuti.

Buat konten berdasarkan pertanyaan

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk tampil di Featured Snippet adalah membuat konten yang secara spesifik menjawab pertanyaan. Pastikan konten yang dibuat informatif dan jelas sehingga akan diunggulkan di posisi teratas oleh Google. Algoritme Google kemudian memilih dari ribuan konten dengan topik yang sama untuk menemukan yang menawarkan jawaban terbaik.

Oleh karena itu, sebelum menulis konten, lakukan riset terhadap pertanyaan yang diajukan audiens. Kemudian pilih jawaban yang benar. Secara umum, audiens mengajukan pertanyaan yang dimulai dengan kata tanya “apa?” atau ‘bagaimana mungkin?’. Sistem penulisan konten ini berbentuk piramida terbalik, yang dimulai dengan detail terlebih dahulu dan kemudian diikuti dengan penjelasan yang lebih detail.

Publikasikan konten berkualitas

Untuk mendapatkan Featured Snippet , Anda perlu mempublikasikan konten berkualitas. Tentukan topik tertentu dan sesuaikan dengan niche situs web Anda. Jika Anda ingin menulis tentang peristiwa terkini, Anda dapat menemukan topik referensi di Google Trends. Jangan lupa untuk membuat judul yang menarik dan memasukkan kata kunci yang benar.

Manfaatkan header

Cara mudah untuk memasukkan konten Anda ke dalam Google Cuplikan adalah dengan membaginya menjadi beberapa bagian. Gunakan bagian “Gaya Paragraf” saat menggunakan Google Documents atau platform WordPress.

Atur konten menggunakan Header. Gunakan subjudul untuk mengatur subtopik menurut ukuran. Jika konten yang akan dibagikan adalah tentang membuat item, Anda dapat menambahkan metode 1 lalu metode 2 ke setiap judul. Format artikel dalam urutan yang benar sehingga konten di situs web Anda memiliki peluang untuk ditampilkan oleh Google. Selain itu, penyajian konten yang rapi akan menarik perhatian pembaca.

Manfaatkan konten Tanya Jawab

Konten yang ditulis dalam bentuk tanya jawab sangat bagus untuk menarik perhatian audiens. Dengan mengajukan beberapa pertanyaan sekaligus, Anda meningkatkan peluang Anda untuk muncul di Cuplikan. Temukan referensi untuk pertanyaan umum melalui Google Penelusuran. Untuk hasil terbaik, pastikan halaman tersebut menampilkan pertanyaan yang relevan dan disertai dengan jawaban yang lengkap. Anda juga dapat membuat Tanya Jawab tentang produk atau layanan yang Anda jual.

Gunakan keyword berbentuk pertanyaan

Pada umumnya kata kunci yang ditampilkan oleh Featured Snippet berupa pertanyaan. Pilih kata kunci berupa pertanyaan yang sering diajukan oleh pengguna Google. Anda dapat dengan mudah melihat ini ketika Anda melakukan pencarian.

Biasanya di halaman utama terdapat kolom “People also ask”, yang letaknya di bawah konten teratas. Jika konten yang ingin Anda sajikan berkaitan dengan salah satu pertanyaan yang tersedia, Anda dapat mengoptimalkan konten tersebut.

Tambahkan gambar dan video

Sebagian besar audiens di Google lebih suka belajar secara visual. Oleh karena itu, kehadiran foto dan video dalam konten dapat membantu Anda mendapatkan Featured Snippet di Google.

Misalnya, jika Anda menulis tentang pai lemon, sertakan video atau foto tentang proses pembuatannya. Video dan foto memiliki dampak besar dalam menarik pembaca. Pastikan keduanya adalah konten visual berkualitas tinggi.

Memiliki situs web Anda berhasil ditampilkan dalam tampilan Featured Snippet  di Google dapat meningkatkan klik dan menghasilkan pengenalan produk. Namun, tidak ada formula pasti yang dapat menjamin bahwa website Anda akan mendapatkan Google Snippet. Membuat konten berkualitas dan mengikuti dasar-dasar SEO adalah faktor yang akan membantu Anda mencapainya. mungkin untuk Anda yang pakar SEO atau selaku penyedia jasa SEO pastinya sudah tidak asing lagi dengan cara ini tapi berbeda dengan orang yang masih awam di dunia SEO. untuk itu Anda harus terus mencobanya agar bisa menguasai teknik SEO.