Sedang Sakit Apa Boleh Medical Check Up – Medical check up adalah pemeriksaan kesehatan menyeluruh yang biasanya bertujuan untuk mengetahui status kesehatan seseorang atau merencanakan metode pengobatan sebelum penyakitnya berkembang.

Sedang Sakit Apa Boleh Medical Check Up

Pemeriksaan kesehatan atau medical check up tidak hanya diperlukan untuk orang tua atau mereka yang memiliki penyakit tertentu, anak-anak hingga orang dewasa yang sehat mungkin perlu melakukan pemeriksaan ini. Lantas, apa saja yang diperiksa saat kita melakukan pemeriksaan kesehatan?

  1. Gula darah

Pemeriksaan gula darah biasanya dianjurkan bagi seseorang dengan riwayat keluarga diabetes. Selain memiliki riwayat keluarga diabetes, seseorang yang berusia 45 tahun ke atas juga disarankan untuk memeriksakan kadar gula darah setidaknya setiap tiga tahun. Gejala diabetes umumnya meliputi rasa haus dan lapar, kesemutan pada tangan dan kaki, penurunan berat badan secara drastis, dan sering buang air kecil. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera lakukan pemeriksaan medis untuk memastikan kemungkinan terkena diabetes.

  1. Tekanan Darah

Pemantauan medis juga mencakup tekanan darah, terutama bagi seseorang dengan riwayat keluarga hipertensi. Seseorang yang berusia di bawah 60 tahun umumnya memiliki tekanan darah normal di bawah 140/90 mmHg. Sedangkan orang tua yang berusia di atas 60 tahun memiliki tekanan darah normal 150/90 mmHg.

Di atas jumlah tersebut, seseorang dapat dikatakan menderita hipertensi. Pemilik dengan riwayat keluarga hipertensi atau hipotensi disarankan untuk memeriksakan tekanan darahnya lebih sering atau setidaknya setahun sekali. Seperti pada orang normal, tes tekanan darah bisa dilakukan setiap 1-2 tahun sekali.

  1. Kolesterol

Kolesterol adalah zat lilin yang diproduksi secara alami oleh tubuh atau diperoleh dari makanan yang kita makan. Ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik berfungsi untuk membuang kolesterol jahat yang menempel dan berisiko menyumbat dinding arteri. Memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih tinggi dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, stroke, dan jenis penyakit lainnya.

Kolesterol tinggi umumnya dialami oleh orang yang kelebihan berat badan atau memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, hipertensi, bahkan mereka yang memiliki riwayat keluarga penyakit jantung atau stroke. Pemilik kondisi tersebut disarankan untuk lebih sering melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memantau kadar kolesterol. Pemilik dengan riwayat keluarga penyakit harus secara teratur memeriksa kadar kolesterol setelah mereka berusia 20 tahun. Orang dengan kondisi normal dapat melakukan tes setiap lima tahun setelah mereka berusia 35 tahun.

  1. Pemeriksaan Jantung

Jenis penyakit lain yang dapat diturunkan dalam keluarga adalah penyakit jantung. Paling umum, penyakit jantung juga dikaitkan dengan kolesterol tinggi. Oleh karena itu, pemeriksaan kolesterol dapat didukung dengan tes elektrokardiogram (EKG). Tes EKG secara rutin direkomendasikan pada usia 40 tahun ke atas. Tes ini dirancang untuk menentukan aktivitas listrik jantung dan mendeteksi detak jantung yang tidak normal.

Bisakah Anda melakukan pemeriksaan medis jika Anda sakit?

Meskipun Anda merasa sehat dan tahu pasti bahwa Anda tidak mengidap penyakit tertentu, bukan berarti Anda tidak memerlukan pemeriksaan medis. Salah satu tujuan pemeriksaan kesehatan adalah untuk meningkatkan kualitas hidup, sehingga mereka lebih sadar akan risiko penyakit yang dapat terjadi.

Sebenarnya tidak ada larangan melakukan pemeriksaan kesehatan jika sakit. Kecuali Anda melamar posisi yang membutuhkan hasil pemeriksaan kesehatan. Dalam situasi ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan saat tubuh dalam kondisi baik dan tunda sampai gejala hilang. Karena melakukan medical check up saat sakit bisa mengacaukan hasilnya. Flu ringan atau nyeri yang tidak terlalu mengganggu masih bisa ditoleransi.

Kalau Anda perlu melakukan medical check up. Biar praktis melakukanya anda bisa buat janji temu dengan dokter lewat website Plazamedis disana juga ada promo paket medical check up murah untuk Anda yang ingin melakukan medical check up loh segera kunjungi website mereka jika ingin melakukan medical check up. Mungkin hanya ini informasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua ya.