Rekomendasi Makanan Pengidap KolesterolKolesterol merupakan salah satu zat yang dapat ditemukan dalam darah. Saat jumlah kolesterol dalam darah sesuai dengan kebutuhan, kolesterol berfungsi untuk membangun sel-sel sehat dalam tubuh. Namun, saat jumlah kolesterol terlalu banyak, kondisi ini dikenal sebagai kolesterol tinggi.

Rekomendasi Makanan Pengidap Kolesterol

Kolesterol tinggi yang tidak diatasi dapat menyebabkan dampak buruk pada kesehatan. Salah satunya meningkatkan risiko gangguan jantung hingga stroke. Selain dengan pengobatan medis, kolesterol tinggi juga bisa diatasi dengan melakukan pola makan sehat. Untuk itu, ketahui makanan sehat yang baik untuk pengidap kolesterol tinggi!

Kenali Lebih Banyak Mengenai Kolesterol Tinggi

Meskipun kolesterol memiliki fungsi penting bagi tubuh, tetapi kelebihan jumlah kolesterol dapat menyebabkan penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah yang dikenal sebagai plak.

Penumpukan plak yang terjadi terus-menerus dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Tentunya, kondisi ini berisiko tingkatkan berbagai gangguan kesehatan pada pengidap kolesterol tinggi.

Bahayanya, kolesterol tinggi jarang menunjukkan gejala pada pengidapnya. Kondisi ini dapat ditemukan ketika seseorang melakukan pemeriksaan darah terkait keluhan kesehatan lainnya.

Untuk itu, bagi kamu dengan riwayat keluarga kondisi kolesterol tinggi, diabetes, mengalami penyakit jantung, dan kondisi obesitas disarankan untuk selalu melakukan pemeriksaan darah secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah.

Makanan Sehat bagi Pengidap Kolesterol Tinggi

Melakukan olahraga secara rutin, menjaga berat badan tetap terkontrol, dan menjaga pola makan sehat menjadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah maupun menurunkan risiko kolesterol tinggi.

Batasi pengonsumsian makanan yang mengandung lemak jenuh serta garam tinggi. Sebaiknya, konsumsi beberapa jenis makanan sehat yang direkomendasikan bagi pengidap kolesterol tinggi. Berikut ini makanan sehat yang bisa dikonsumsi:

Kacang Polong

Kacang polong menjadi salah satu jenis sayuran yang kaya akan serat. Serat yang terkandung dalam kacang polong nyatanya akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan.

Okra

Okra menjadi jenis sayuran yang mudah ditemukan di mana saja. Okra memiliki kandungan gel yang dinilai mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kacang Almond

Kacang almond menjadi salah satu sumber lemak baik bagi tubuh. Hal ini tentunya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kacang almond juga merupakan sumber serat yang baik. Kondisi ini dapat membantu penyerapan kolesterol dalam darah.

Kale

Kale adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Memasukkan lebih banyak serat ke dalam menu makan sehari-hari nyatanya bisa membantu kamu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Apel

Buah apel adalah salah satu jenis buah yang mengandung pektin. Pektin merupakan salah satu jenis serat yang mudah larut dan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Itulah beberapa jenis makanan yang direkomendasikan bagi pengidap kolesterol tinggi. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dibatasi pengonsumsiannya agar kolesterol dalam tubuh tetap terkontrol baik, seperti daging dengan lemak dan makanan yang diproses dengan cara digoreng.

Segera lakukan medical check up untuk memeriksa kolesterol anda, untuk melihat harga medical check up murah sekarang anda lebih mudah karena adanya plaza medis selaku layanan medis dengan secara online jadi membuat anda lebih mudah untuk melihat harga medical check up.

Jadi anda tidak perlu khawatir untuk masalah biaya medical check up untuk kerja , mungkin hanya ini informasi yang dapat kami sampaikan semuga informasi diatas bermanfaat bagi anda.