Pola Hidup Sehat Agar Kolesterol Normal – Kolesterol adalah lemak yang diproduksi di dalam tubuh. Selain itu, kolesterol juga bisa didapatkan dari berbagai makanan yang dikonsumsi. Kolesterol diperlukan tubuh untuk melakukan beberapa tugas penting, seperti membuat sejumlah hormon, mencerna lemak dan memenuhi kebutuhan vitamin D.

Pola Hidup Sehat Agar Kolesterol Normal

Namun, jika jumlahnya dalam tubuh berlebihan, kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti stroke hingga gangguan jantung. Untuk itu, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda selalu memiliki gaya hidup sehat, agar kadar kolesterol selalu normal.

Kenali Tanda-Tanda Kadar Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh

Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi dimana kolesterol melebihi batas normal. Ada banyak pemicu yang menyebabkan seseorang mengalami kolesterol tinggi, seperti terlalu banyak makan makanan berlemak, obesitas, riwayat keluarga dengan kondisi serupa, kurang olahraga dan aktivitas fisik, memiliki penyakit yang menyebabkan kolesterol, seperti diabetes atau penyakit ginjal.

Bahayanya, kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala apapun pada penderitanya. Biasanya, kondisi ini diketahui setelah pasien menjalani tes tertentu, termasuk pemeriksaan kadar kolesterol. Sangat penting untuk memantau kadar kolesterol secara teratur jika kondisi kesehatan Anda terkait dengan pemicu kolesterol. Dengan cara ini, kolesterol tinggi dapat dicegah.

Gaya hidup sehat untuk menjaga kadar kolesterol normal

Dengan menjalani gaya hidup sehat, Anda dapat menjaga kadar kolesterol dalam keadaan normal. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kadar kolesterol, yaitu:

Makan makanan sehat

Perlu diingat bahwa tubuh dapat memproduksi kolesterol sehingga Anda tidak membutuhkan kolesterol dari makanan yang Anda makan. Jadi pilihlah makanan sehat yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Sebaiknya Anda membatasi makan makanan dengan kandungan lemak jenuh, seperti gorengan, fast food, keju, dan jeroan. Selain itu, batasi konsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi. Makan lebih banyak makanan yang mengandung serat, seperti buah-buahan dan sayuran. Anda juga bisa makan daging tanpa lemak, biji-bijian, hingga susu skim.

Periksa berat badan

Obesitas merupakan salah satu penyebab kolesterol tinggi. Kelebihan lemak dalam tubuh dapat mempengaruhi penggunaan kolesterol oleh tubuh dan menghambat kemampuan tubuh untuk menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Olahraga rutin

Olahraga teratur setiap hari membantu Anda menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah. Anda bisa melakukan olahraga ringan setiap hari, seperti bersepeda, jalan kaki atau lari.

Selain berolahraga, Anda harus melakukan lebih banyak olahraga dari biasanya. Anda dapat memilih untuk menggunakan tangga daripada eskalator saat Anda sedang bekerja atau berjalan di luar rumah saat makan siang jika lokasinya mudah dijangkau.

Berhenti merokok

Merokok tidak hanya menyebabkan masalah kesehatan jantung dan paru-paru, merokok juga dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menyebabkan penyakit pembuluh darah. Jadi berhentilah merokok untuk menjaga kesehatan Anda.

Batasi konsumsi alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Batasi konsumsi alkohol setiap hari agar tetap sehat.

Itulah pola hidup sehat yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Ingatlah untuk memeriksa kadar kolesterol secara teratur dengan medical check up untuk menghindari kolesterol tinggi. jika anda ingin melakukan medical check up anda bisa kunjungi website palza medis untuk mendapatkan penawaran paket medical check up murah dan terpercaya. Mungkin hanya ini informasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas dapat bermnafaat bagi anda semua ya.