Plugin Dasar yang Harus di Instal pada WordPress – Saat membuat situs web WordPress, ada lebih dari 55.000 jenis plugin yang dapat dipasang untuk membantu Anda menjalankan situs web dengan lebih efisien. Baik Anda pengguna baru atau pengguna berpengalaman, plugin WordPress menyediakan berbagai fitur atau fungsi utama yang dapat digunakan untuk menyesuaikan kebutuhan menjalankan situs Anda sendiri.

Plugin Dasar yang Harus di Instal pada WordPress

Plugin adalah bagian dari perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan serangkaian fungsi atau menambahkan fitur tertentu ke WordPress yang Anda host. Dengan menggunakan plugin, Anda dapat mengubah WordPress menjadi blog pribadi, portofolio profesional, bahkan situs web perusahaan besar atau toko eCommerce, bahkan tanpa harus memahami sistem pengkodean. Nah, berikut ini beberapa jenis plugin yang wajib Anda miliki sebagai pengguna WordPress.

Plugin SEO

Plugin SEO adalah ekstensi untuk mengelola konten dengan tugas dan fungsi khusus untuk pengoptimalan mesin pencari, analisis web, pemasaran online, dan berbagai aspek lainnya. Dengan memasang plugin SEO, Anda dapat membuat konten yang ramah SEO untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung organik atau meningkatkan hasil pencarian di Google atau mesin pencari lainnya. Apa rekomendasi plugin SEO terbaik? Beberapa daftar plugin SEO di bawah ini yang bisa Anda coba menurut para ahli SEO atau pejuang jasa SEO :

  • All in one pack SEO
  • SEO Yoast
  • Rank math

Plugin Keamanan

Sebagai sistem manajemen konten yang sangat populer, WordPress adalah situs terbuka yang dapat dimodifikasi dan dibagikan oleh siapa saja secara gratis, sehingga sangat rentan terhadap peretasan. Lebih dari 90.000 serangan peretasan dilakukan setiap menit, dari blog kecil hingga situs web perusahaan besar. Oleh karena itu, Anda dapat menjaga keamanan server WordPress Anda dengan menggunakan plugin keamanan yang dapat melakukan beberapa fungsi penting seperti perlindungan firewall, pemindaian situs berkelanjutan, protokol otentikasi, dan sebagainya. Beberapa plugin keamanan di WordPress yang bisa Anda coba adalah:

  • Wordfence Security
  • Sucuri Security
  • Defender Security

Plugin Cache

Plugin cache membantu meningkatkan kinerja situs web Anda. Setiap kali pengguna mengunjungi situs Anda, WordPress mengambil informasi dari databasenya dan kemudian melakukan beberapa langkah dengan memproses informasi tersebut sebelum mengirim halaman web ke browser pengguna. Ini dapat memperlambat situs Anda jika ada banyak pengguna pada saat yang bersamaan. Sekarang, alih-alih mengulangi proses rendering halaman, yang akan memakan waktu lebih lama, plugin cache akan membuat salinan halaman setelah pemuatan pertama dan kemudian menawarkan versi cache tersebut kepada setiap pengguna berikutnya yang mengunjungi situs Anda. Beberapa plugin cache yang bisa Anda coba adalah: 

  • Speed Booster Pack
  • Lighthouse
  • WP-Optimize
  • W3 Total Cache

Plugin Cadangan / Backup

Memasang plugin cadangan mencegah kehilangan data yang dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti serangan virus atau malware. Meskipun situs web Anda secara berkala membuat pencadangan data otomatis, ini tidak cukup karena kemungkinan kesalahan pencadangan. Dengan mencadangkan data secara manual menggunakan plugin cadangan, Anda dapat melakukan pemulihan sistem dan konten dengan cepat dan mudah saat data hilang. Salah satu plugin cadangan favorit saya adalah:

  • UpdraftPlus

Plugin WooCommerce

Plugin WooCommerce menambahkan fitur belanja dasar ke WordPress Anda yang sedang berjalan. Dibandingkan berjualan di marketplace, membangun toko dengan website sendiri tentunya jauh lebih baik untuk menghindari aturan ketat atau masalah yang bisa menimpa pihak ketiga. Dengan menggunakan fitur plugin WooCommerce, Anda bebas menentukan tampilan dan fungsi situs web Anda sesuka hati menggunakan berbagai jenis tema yang tersedia dan membuatnya terlihat semenarik mungkin.

Ada berbagai jenis plugin yang harus dimiliki oleh pengguna WordPress. Saat ini, ada lebih dari 58.000 plugin WordPress yang tersedia dan dibagi ke dalam berbagai jenis kategori. Sebelum menginstalnya, jangan lupa untuk menemukan fitur yang ditawarkannya dan lihat seberapa bagus peringkat dan ulasannya untuk mendapatkan plugin yang paling cocok untuk situs web Anda.