Penyebab Mimisan yang Penting di Waspadai – Mimisan ditandai dengan keluarnya darah dari hidung. Kondisi ini cukup umum dan bisa dialami oleh siapa saja. Mimisan jarang serius, tetapi itu tidak berarti mereka harus diabaikan. Dalam beberapa kasus, mimisan bisa menjadi tanda peringatan dan memerlukan perhatian medis segera.

Penyebab Mimisan yang Penting di Waspadai

Namun, tidak semua mimisan selalu berbahaya. Kondisi ini sebenarnya bisa diobati dengan perawatan sendiri di rumah, tergantung tingkat keparahan dan penyebabnya. Lantas, apa saja penyebab seseorang bisa mengalami mimisan? Temukan jawabannya di artikel berikut!

Mimisan bisa dialami oleh siapa saja. Namun, anak-anak dikatakan lebih rentan terhadap kondisi ini. Mimisan ditandai dengan keluarnya darah dari satu atau kedua lubang hidung. Mimisan dapat berlangsung dari beberapa detik hingga beberapa menit. Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan mimisan, antara lain:

  • Kondisi udara

Salah satu penyebab mimisan yang paling umum adalah udara yang terlalu kering. Hal ini dikatakan menyebabkan pembuluh darah halus di hidung pecah dan memicu pendarahan.

  • Memilih Hidung Terlalu Dalam

Kebiasaan mengupil terlalu dalam, biasanya saat membersihkan hidung, bisa menyebabkan mimisan. Selain itu, meniup hidung terlalu keras juga bisa menjadi penyebab mimisan.

  • Cedera pada Hidung

Penyebab mimisan selanjutnya adalah cedera pada hidung, misalnya karena kecelakaan.

  • Gangguan Hidung

Misalnya, bentuk hidung yang bengkok. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor keturunan atau cedera.

  • Alergi

Mimisan bisa muncul karena alergi. Biasanya hidung bisa berdarah jika terkena alergen alias zat pemicu alergi.

  • Infeksi

Infeksi yang menyebabkan hidung tersumbat bisa menjadi penyebab mimisan.

Mimisan juga bisa muncul karena faktor yang lebih serius. Waspadai mimisan yang berasal dari pembuluh darah vena, biasanya kondisi ini disebabkan oleh:

  • Paparan bahan kimia.
  • Masukkan benda asing ke dalam hidung.
  • Kecelakaan atau benturan keras yang dapat menyebabkan hidung patah.
  • Tumor hidung, biasanya tumbuh di rongga hidung.
  • Baru saja menjalani operasi hidung.
  • Riwayat penyakit tertentu, biasanya penyakit yang menyebabkan pembekuan darah, seperti hemofilia.
  • Minum obat tertentu, termasuk obat pengencer darah.

Waspadai mimisan berulang. Sebab, bisa menjadi pertanda adanya penyakit berbahaya, seperti sinusitis, gangguan pembekuan darah, atau hipertensi.

Kapan Mimisan Harus Diwaspadai dan Dibawa ke Dokter?

Penanganan medis perlu segera dilakukan jika mimisan terjadi dalam waktu yang lama, yakni lebih dari 20 menit. Pendarahan yang disebabkan oleh cedera kepala juga harus mencari perhatian medis segera. Selain itu, waspadai mimisan yang disertai gejala anemia, seperti mudah lelah, kulit pucat, dan jantung berdebar.

Semakin cepat ditangani, risiko komplikasi dari mimisan bisa dihindari.

Perawatan dokter juga perlu dilakukan jika mimisan terus terjadi pada anak di bawah usia 2 tahun atau pada orang tua. Pemeriksaan perlu dilakukan untuk mengetahui apa penyebab mimisan.

Jika ragu, Anda bisa bertanya kepada dokter mengenai penyebab mimisan di aplikasi kesehatan. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Bicaralah dengan dokter Anda dan tanyakan tentang masalah kesehatan yang Anda miliki. Yuk, download kesehatan sekarang di App Store atau Google Play untuk mendapatkan promo menarik mengenai harga medical check up!