Pentingnya Memperhatikan Desain Seragam – Seragam kerja merupakan cerminan identitas perusahaan. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat desain seragam kerja dengan pertimbangan matang melalui lima poin penting ini.

Pentingnya Memperhatikan Desain Seragam

Desain seragam kerja membutuhkan perencanaan yang sangat matang. Alasan utamanya tidak lain karena pakaian ini akan menjadi simbol identitas dan karakter perusahaan. Hal ini juga akan menentukan kesan orang lain terhadap suatu perusahaan. Oleh karena itu, tidak heran jika beberapa instansi bahkan menyewa desainer khusus untuk memastikan bahwa seragam yang akan dibuat benar-benar rapi dan sesuai.

Namun, Anda tidak serta merta harus menggunakan jasa profesional dalam membuat desain seragam kerja. Setidaknya, ada beberapa hal dasar yang bisa Anda rumuskan untuk mendesain seragam kerja seperti berikut ini.

  1. WARNA DAN KARAKTER

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah karakter seperti apa yang akan Anda tunjukkan melalui seragam kantor Anda. Karakter akan tercermin sangat kuat melalui pemilihan warna. Misalnya jika ingin menghadirkan warna yang tidak terlalu ramai namun tetap stylish dan tetap memberikan statement tersendiri, maka Anda bisa memilih warna hitam seperti yang dikenakan tim Trans TV.

Tentunya pemilihan warna juga bisa didasarkan pada nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan. Karena setiap warna bisa melambangkan karakter tertentu. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa dalam membuat sebuah logo, pemilihan warna untuk setiap elemen pada simbol tidak boleh dilakukan sembarangan.

Selain itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan lebih dari tiga warna dominan (dasar) dalam satu seragam. Jika Anda menggunakan lebih dari satu, Anda harus membaginya dengan proporsi warna yang tepat (tidak harus merata).

  1. PENEMPATAN LOGO DAN IDENTITAS

Desain seragam kerja profesional cenderung minim gaya. Biasanya cukup dengan membubuhkan logo perusahaan pada salah satu bagian seragam sebagai tanda identitas. Namun, beberapa perusahaan juga menempelkan nama masing-masing personel langsung pada seragam (biasanya di bagian atas dada) sehingga bisa digunakan sebagai pengganti KTP.

Bagian paling alami untuk membubuhkan logo perusahaan adalah di bagian atas dada atau punggung atas. Anda juga bisa menambahkan beberapa sentuhan detail lain pada lengan atas, namun pastikan untuk tidak membuat keseluruhan seragam terlalu ‘ramai’ dan penuh.

  1. MODEL SERAGAM

Ada banyak model seragam yang bisa Anda kenakan sesuai dengan karakter perusahaan. Umumnya, kemeja berkerah adalah pilihan paling aman untuk menciptakan kesan formal dan profesional. Namun jika Anda membutuhkan seragam untuk keperluan lapangan atau sebagainya, Anda bisa menyesuaikannya dengan kaos polo atau yang lainnya.

Juga pertimbangkan model yang cocok untuk pria dan wanita. Biasanya model untuk wanita dibuat dengan sedikit lekukan di bagian pinggang untuk memberikan kesan yang lebih feminim. Selain itu, jika ada karyawan yang berhijab, pertimbangkan untuk membuat seragam wanita berlengan panjang (termasuk panjangnya—apakah menutupi bokong atau tidak).

  1. KUALITAS BAHAN

Jika ketiga aspek di atas sudah terpenuhi, kini saatnya Anda mencari bahan yang tepat untuk dikenakan. Untuk aspek ini perlu diperhatikan kembali beberapa hal pendukung seperti seberapa banyak aktivitas fisik yang dilakukan karyawan, suhu ruangan, proporsi karyawan yang berada di dalam atau di luar ruangan, dan lain sebagainya. Poin ini akan sangat menentukan kenyamanan karyawan dalam beraktivitas saat mengenakan seragam.

Ada beberapa jenis kain yang sering digunakan untuk membuat seragam yaitu katun, american drill, high twist, japan drill, tropical, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri seperti berdasarkan ketebalan, ukuran serat, hingga komposisi kainnya.

  1. JASA KONVEKSI SERAGAM

Setelah kelima hal di atas terpenuhi, saatnya Anda mulai memikirkan jasa konveksi seragam yang akan digunakan. Di zaman sekarang ini, Anda dapat menemukan layanan konveksi seragam dengan lebih mudah. Namun dibalik banyaknya pilihan tersebut, mungkin saja tingkat kesulitan dalam memilih mana yang akan dikerjakan juga ikut meningkat.

Mungkin itu saja informasi yang dapat kami berikan untuk Anda semua, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Kunjungi situs dari Konveksi Tangerang untuk mendapatkan berbagai macam penawaran menarik mengenai konveksi.