Noda Hitam membandel pada Pakaian – Mengenakan pakaian dan terkena noda adalah hal yang biasa dalam kehidupan kita sehari-hari, mulai dari noda debu, hingga cipratan makanan, minuman, minyak, minyak, tinta, karat, dll. Apalagi jika pakaian kita berwarna terang seperti putih atau kuning, yang membuat mudah terkena noda. Jika ternoda, akan sangat mudah terlihat pada pakaian.

Noda Hitam membandel pada Pakaian

Sebelum berkecil hati dengan pakaian bernoda, ketahuilah bahwa kita masih bisa membersihkan noda dari berbagai asal. Semuanya bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan bahan-bahan yang banyak tersedia di dapur kita hingga menggunakan cairan khusus yang lebih keras jika noda sulit dihilangkan.

Setiap tugas juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda tergantung dari asalnya. Dari noda cipratan makanan biasa, lemak, minyak bahkan noda pudar yang didapat dari pakaian lain di laundry. Berikut cara menghilangkan noda berikut dengan bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Menggunakan cuka

Penggunaan cuka sangat umum digunakan untuk membersihkan berbagai produk sampingan. Hal ini karena cuka memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan asam tersebut mampu mengurai kotoran yang menempel pada banyak permukaan, termasuk kain. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan mencampurkan cuka dengan air lalu merendam pakaian yang terkena noda atau bisa juga dengan menuangkan sedikit cuka dan menggosokkan pada bagian yang bernoda. Setelah itu, pakaian biasanya didiamkan selama 30 menit, sebelum akhirnya dicuci dan dibilas hingga bersih.

  1. Menggunakan bubuk soda

Sama seperti cuka, baking soda juga memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan dapat membantu membersihkan pakaian dari noda juga. Caranya hampir sama yaitu dengan cara menaburkan noda pada baju dengan bubuk soda lalu digosokkan bedak tersebut. Setelah itu, diamkan pakaian selama kurang lebih 30 menit. Kemudian cuci seperti biasa dengan deterjen.

  1. Menggunakan lemon dan garam

Keasaman yang diperoleh dari jus lemon juga memiliki efek yang mirip dengan cairan asam lainnya. Sedangkan garam mampu menarik noda yang menempel pada kain. Caranya adalah dengan memeras lemon untuk mendapatkan sarinya. Kemudian tuang pada bagian yang bernoda sambil di gosok dan taburkan garam pada bagian yang bernoda sambil di gosok. Setelah itu, diamkan selama 15 menit, lalu lanjutkan mencuci dengan detergen dan bilas hingga bersih.

  1. Penggunaan cairan pembersih khusus

Ada banyak penghilang noda di pasaran yang cukup efektif membersihkan noda. Mulai dari yang bisa membersihkan noda ringan dan cairan yang lebih keras seperti WD40 yang sering digunakan untuk membersihkan noda keras seperti peralatan dapur seperti panci kotor yang sudah dipakai. Namun, perlu diperhatikan bahwa cairan pembersih yang keras umumnya tidak dirancang untuk menghilangkan noda dari kain, sehingga harus diuji terlebih dahulu untuk melihat apakah dapat digunakan dengan aman pada kain.

Bagaimana cukup mudah bukan? Jadi Anda tidak perlu panik semua itu ada jalan keluarnya. Mungkin itu saja informasi yang dapat kami berikan untuk Anda semua, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua. Kunjungi situs dari Nusantara Apparel untuk mendapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya.