Mengulik lebih Dalam Penyakit Diabetes di Indonesia – Diabetes melitus merupakan salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia. Selain menjadi penyumbang kematian, penyakit tidak menular ini juga menimbulkan banyak komplikasi, terutama penyakit jantung dan penyakit ginjal.

Mengulik lebih Dalam Penyakit Diabetes di Indonesia

Simak informasi berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang diabetes di Indonesia.

Prevalensi Diabetes Mellitus di Indonesia

Gula darah naik

International Diabetes Federation (IDF) memperkirakan sekitar 463 juta orang berusia 20-79 tahun di seluruh dunia mengidap diabetes pada tahun 2019.

Angka ini setara dengan 9,3% dari total populasi dunia dan diprediksi akan meningkat menjadi 700 juta pada tahun 2045.

Indonesia sendiri menempati urutan ke-7 sebagai negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi di dunia, yaitu 10,7 juta.

Menurut Riset Kesehatan Dasar 2018, jumlah kasus atau prevalensi diabetes mellitus di Indonesia pada mereka yang berusia di atas 15 tahun adalah 2 persen.

Namun, angka ini tidak termasuk data orang dengan diabetes yang tidak terdiagnosis.

Prevalensi diabetes mellitus pada tahun 2018 berdasarkan hasil pemeriksaan gula darah adalah 8,5 persen, meningkat dari 6,9% pada tahun 2013.

Dari penelitian ini, hampir semua provinsi menunjukkan peningkatan prevalensi selama tahun 2013-2018, kecuali Nusa Tenggara Timur.

Tiga provinsi di Indonesia dengan jumlah penderita diabetes tertinggi adalah DI Yogyakarta, DKI Jakarta, dan Sulawesi Utara.

Hasil Riset Kesehatan Dasar 2018 juga menunjukkan bahwa hanya 1 dari 4 penderita diabetes yang terdiagnosis penyakit tersebut.

Dengan kata lain, sebagian besar penderita diabetes di Indonesia masih belum menyadari bahwa dirinya mengidap penyakit ini.

Apabila Anda mengalami gejala diabetes alangkah baiknya melakukan pemeriksaan secara menyeluruh atau Medical Check Up. Sebab dengan Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, Anda dapat mengetahui segala penyakit serta gejala apa saja yang Anda derita pada tubuh Anda.

Anda tidak perlu khawatir akan biaya untuk pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh ini. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan Medical Check Up Murah di Indonesia. Salah satu perusahaan yang menyediakan pemeriksaan kesehatan dengan sangat terjangkau adalah Plaza Medis.

Mereka merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pemeriksaan kesehatan Medical Check Up. Dengan Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh ini dapat dipastikan segala penyakit yang ada pada diri Anda dapat di tangani terlebih dahulu.