Manfaat Yoghurt untuk Anak – Yogurt mengandung sejumlah besar nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak. Produk susu ini juga dikenal sebagai teman pencernaan anak lho, Bun. Selain untuk pencernaan, ternyata banyak manfaat yoghurt untuk anak yang sayang untuk dilewatkan.

Manfaat Yoghurt untuk Anak

Mungkin masih banyak orang tua yang enggan memberikan yoghurt kepada anaknya. Padahal, yoghurt merupakan salah satu makanan bergizi yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Dalam 1 cangkir atau setara dengan 230 gram yogurt, mengandung sekitar 150 kalori, 8 gram lemak, 8,5 gram protein dan 11 gram karbohidrat dan gula. Selain itu, yoghurt mengandung beberapa mineral penting, seperti kalsium, kalium, fosfor, seng, magnesium, selenium, serta vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Banyaknya manfaat yoghurt untuk anak

Karena nilai gizinya yang melimpah, yogurt dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi anak-anak, termasuk:

  1. Pencernaan yang Sehat

Kandungan probiotik dalam yogurt baik untuk menunjang kesehatan sistem pencernaan si kecil, Bun, karena dapat memperlancar pencernaan dan membantu fungsi usus dalam menyerap berbagai nutrisi.

Yogurt juga baik untuk mempercepat proses penyembuhan si kecil dari diare. Tak hanya itu, anak-anak yang rutin mengonsumsi yogurt bisa terhindar dari sembelit lho.

  1. Mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan

Protein memainkan peran besar dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak-anak karena merupakan bagian penting dari setiap sel dalam tubuh. Protein juga dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan otot, perbaikan jaringan tubuh yang rusak dan sebagai sumber energi.

Selain protein, yoghurt mengandung karbohidrat, lemak serta berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk menunjang tumbuh kembang anak.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Yogurt merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk memperkuat daya tahan tubuh anak. Yogurt memiliki manfaat karena kandungan probiotiknya, vitamin A, vitamin C, protein dan mineral, seperti magnesium, selenium dan seng.

  1. Mendukung Kesehatan Tulang dan Gigi

Sebagai produk susu, yoghurt mengandung kalsium yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi. Dengan asupan kalsium yang cukup, si kecil juga bisa mencapai tinggi badan yang ideal dan mencegah dwarfisme.

Namun, manfaat tersebut akan maksimal jika si Kecil rutin mengonsumsi makanan sehat lainnya seperti buah-buahan, sayur-sayuran, telur, ikan, susu, dan kacang-kacangan. Jika perlu, si kecil juga bisa mendapatkan asupan nutrisi ekstra melalui suplemen.

Namun, konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan suplemen apa pun kepada si kecil.

  1. Mencegah Obesitas

Manfaat lain dari yoghurt untuk anak adalah dapat membantu mengontrol berat badan. Yogurt bisa membuat si kecil merasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makannya, sehingga bisa mengurangi keinginannya untuk makan atau ngemil yang tidak sehat.

Dengan cara ini, berat badan anak Anda dapat terkontrol dengan baik dan obesitas dapat dicegah.

Mengingat banyaknya manfaat yoghurt untuk anak, kini Anda bisa mengonsumsi yoghurt setiap hari sebagai camilan sehat. Untuk mendapatkan manfaat yoghurt yang maksimal bagi anak, disarankan untuk memilih yoghurt atau yoghurt.

Untuk membuat anak Anda lebih bersemangat untuk memakannya, Anda juga bisa menambahkan buah favorit anak Anda ke dalam yogurt atau mencampurnya dengan sereal.

Namun, perlu diingat. Meski memiliki beberapa manfaat, tidak semua anak bisa mengonsumsi produk susu ini, Bun, terutama anak-anak yang alergi susu sapi atau menderita intoleransi laktosa.

Jika anak Anda mengalami gejala setelah mengonsumsi yogurt, seperti gatal-gatal, pembengkakan pada mulut atau tenggorokan, muntah, sakit perut, atau diare, segera hentikan pemberian yogurt dan bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan. Segera tanyakan mengenai biaya medical check up kepada dokter pilihan Anda.