Manfaat Sawo untuk Ibu Hamil – Selain sebagai sumber energi yang baik, buah sawo mengandung banyak nutrisi penting yang sangat membantu dalam menunjang kesehatan ibu hamil dan janin.

Manfaat Sawo untuk Ibu Hamil

Buah sawo atau Manilkara zapota merupakan buah yang berkalori tinggi. Dalam 1 buah sawo terkandung sekitar 140 kalori. Selain itu, buah sawo kaya akan karbohidrat, protein, serat, kalium, magnesium, kalsium, folat, antioksidan dan beberapa vitamin, antara lain vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Daftar Manfaat Sawo Untuk Ibu Hamil

Karena nilai gizinya, mengkonsumsi sawo dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil, di antaranya:

  1. Mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung

1 buah sawo mengandung sekitar 330 miligram potasium. Kalium berfungsi untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Berkat kandungan antioksidan dan manfaat pengontrol tekanan darah, buah sawo baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mengurangi risiko preeklamsia.

  1. Meredakan Kram Kaki

Kram kaki merupakan salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti perubahan hormonal selama kehamilan, dehidrasi, atau kekurangan mineral penting selama kehamilan, seperti kalsium, kalium atau magnesium.

Tidak hanya membantu dalam mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung, potasium dalam buah sawo juga efektif meredakan kram kaki saat hamil.

  1. Mencegah dan Meredakan Sembelit

Konstipasi merupakan salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini dapat disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron selama kehamilan atau kurangnya asupan serat dan air. Untuk mengatasinya, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti buah sawo.

  1. Meningkatkan Stamina

Ibu hamil bisa lebih mudah sakit karena daya tahan tubuh yang melemah. Untuk memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ibu hamil disarankan untuk makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan mengurangi stres.

Untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, ibu hamil dapat mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan, protein, serta vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Nutrisi tersebut dapat diperoleh melalui buah-buahan, termasuk buah sawo.

  1. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi dan Mencegah Anemia

Selain bermanfaat untuk stamina, vitamin C pada sawo juga berperan dalam penyerapan zat besi dalam tubuh ibu hamil. Kehadiran zat besi selama kehamilan diperlukan dalam pembentukan sel darah merah dan hemoglobin.

Dengan kebutuhan zat besi yang cukup, ibu hamil dapat mengalami anemia atau kekurangan darah. Kondisi ini harus diwaspadai karena dapat menimbulkan berbagai masalah selama kehamilan seperti bayi lahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah.

Selain manfaat di atas, kandungan folat pada buah sawo bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan janin dan mencegahnya dari mengalami cacat.

Mengetahui informasi di atas, ibu hamil tidak perlu ragu lagi untuk menikmati buah sawo bukan?

Sementara sawo memiliki manfaat untuk ibu hamil dan janin, sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi buah ini dalam jumlah berlebihan ya. Hal ini dikarenakan kandungan gula dan kalori dalam buah sawo cukup tinggi untuk menaikkan kadar gula darah dan secara drastis meningkatkan berat badan ibu hamil.

Konsumsi gula yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko ibu hamil terkena diabetes gestasional. Oleh karena itu, ibu hamil dengan diabetes disarankan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi gula, termasuk sawo.

Selain itu, meski jarang, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi buah sawo. Jika ibu hamil alergi sawo atau memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter jika ingin mengonsumsi buah ini atau anda bisa juga pergi untuk medical check up, untuk masalah biaya medical check up anda bisa cek di website resmi kesehatan medis seperti plaza medis.