Manfaat Kesehatan Dari TerataiBunga teratai melambangkan cinta, kemurnian dan pencerahan di beberapa budaya. Ada alasan mengapa tanaman ini sangat dihargai selama berabad-abad. Selain transformasinya yang indah dan simbolis, bunga teratai juga menawarkan banyak manfaat kesehatan. Manfaat bunga teratai ini didapat berkat biji, akar dan daunnya.

Manfaat Kesehatan Dari Teratai

Bunga teratai terkenal dengan keindahannya. Siapa yang tidak suka memotret bunga-bunga yang muncul dengan anggun di atas permukaan air? Selain cantik, bunga ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di Asia Tenggara dan Asia Timur, teratai telah digunakan untuk obat tradisional dan bumbu masakan selama berabad-abad. Sedangkan manfaat bunga teratai sebagai alternatif kesehatan baru belakangan ini dieksplorasi. Apa saja manfaat bunga teratai beserta akar, biji dan daunnya:

  1. Masalah Menstruasi

Teratai telah lama dianggap membantu memulai menstruasi dan menghentikan darah menstruasi yang berlebihan. Sayangnya, hingga saat ini, tidak ada penelitian medis yang dilakukan untuk mendukung klaim ini. Tidak ada salahnya penasaran dan ingin mencobanya, namun selalu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Anda dapat membeli ekstrak daun teratai untuk membantu mengatasi masalah perdarahan menstruasi. Jika Anda sering mengalami anemia setelah haid, akar teratai juga bisa dijadikan jus dan diminum untuk mengatasi kekurangan darah ini.

  1. Penyakit Gusi

Daun teratai mengandung quercetin. Senyawa ini dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa quercetin dari daun teratai berpotensi mencegah periodontitis atau penyakit gusi.

  1. Diare

Teratai sering digunakan sebagai ramuan untuk mengobati diare dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Membuat obat diare teratai cukup sederhana. Anda cukup merendam biji teratai dalam air hangat selama beberapa jam dan kemudian menambahkan gula batu agar tidak terlalu pahit. Daun teratai juga dapat digunakan sebagai obat diare. Anda hanya perlu mengolahnya dalam bentuk jus. Untuk menuai manfaat bunga teratai untuk mengobati diare dengan lebih baik, ingatlah untuk minum banyak cairan untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang dengan tinja cair. Jika Anda bosan dengan air, Anda bisa minum oralit.

  1. Obesitas

Teratai dapat digunakan untuk mengobati obesitas. Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki aktivitas anti-obesitas. Para peneliti melakukan percobaan dengan daun teratai pada tikus gemuk. Hasilnya, ekstrak daun ini dapat mencegah penambahan berat badan pada tikus.

  1. Jerawat

Tanaman teratai juga dapat membantu dalam mengatasi masalah jerawat yang mengganggu. Tingkat sebum yang berlebihan berperan dalam perkembangan jerawat. Menerapkan ekstrak lotus ke wajah dapat membantu mengurangi jumlah sebum.

  1. Peradangan

Manfaat bunga teratai untuk radang bisa didapatkan dari bijinya. Biji bunga ini dapat meredakan peradangan akibat paparan bahan kimia atau cedera fisik.

  1. Batuk

Biji teratai yang sudah dijadikan bubuk dapat dicampur dengan madu untuk menuai manfaat bunga teratai dalam meredakan batuk.

  1. Kanker

Embrio biji teratai yang disebut neferin diketahui dapat menghambat penyebaran sel kanker paru-paru. Khasiat bunga teratai ini dihasilkan oleh beberapa penelitian pada tahun 2014.

  1. Pereda Demam

Teratai mengandung antipretik yang bermanfaat sebagai penurun demam. Diketahui ekstrak bunga ini dapat bekerja menurunkan demam setelah 3-6 jam setelah pemberian, tergantung dosis yang digunakan. Bahkan, ekstrak teratai dianggap sama efektifnya dengan mengonsumsi asetaminofen.

Bagi anda yang masih belum cukup untuk informasi mengenai bunga atau tanaman anda bis mengnjungi website resmi milik toko bunga tangerang selatan yaitu alfindo florist, mereka memberikan infomasi manfaat dan juga tips yang berguna untuk di lakukan.

Toko bunga gading serpong ini juga tidak hanya memberikan sebuah tips dan juga trik saja, mereka juga menyediakan rangkaian bunga seperti bunga papan, standing flowers, bunga meja, dan mereka juga menyediakan bunga khusus belasungkawa seperti bunga krans bunga salib dan bunga papan duka cita. Mungkin hanya ini infomasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda semua.