Manfaat Jambu Biji untuk Anak – Ada banyak sekali manfaat jambu biji untuk kesehatan anak. Karena kandungan nutrisinya yang melimpah, jambu biji dapat memperkuat daya tahan tubuh untuk melancarkan pencernaan anak, Bun. Selain dimakan langsung, jambu biji bisa diolah menjadi jus atau dijadikan campuran es buah.

Manfaat Jambu Biji untuk Anak

Dalam 100 gram jambu biji mengandung sekitar 70 kalori dan berbagai nutrisi lainnya, seperti karbohidrat, air, protein, serat, dan gula. Selain itu, buah ini banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak, antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, seng, folat, dan kolin. . Jambu biji juga mengandung banyak antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol.

Berkat kandungan nutrisinya, mengkonsumsi jambu biji dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan anak, antara lain:

  1. Memperkuat kekebalan

Manfaat jambu biji untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak bisa didapatkan berkat tingginya kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan likopen dalam buah ini. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, si kecil akan berisiko lebih rendah terkena infeksi virus dan bakteri, termasuk virus Corona.

  1. Mendukung kesehatan dan fungsi sistem pencernaan

Kandungan serat, air, serta berbagai vitamin dan mineral dalam jambu biji dapat menunjang kesehatan sistem pencernaan anak. Dengan asupan serat dan cairan tubuh yang cukup, sistem pencernaan si kecil akan bekerja lebih maksimal, sehingga ia bisa terhindar dari sembelit.

Tidak hanya itu, serat pangan dari sayur dan buah, termasuk jambu biji, juga dapat memberikan efek prebiotik sehingga dapat menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik dalam sistem pencernaan anak.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Antioksidan dan berbagai vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E, yang ada dalam jambu biji bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit pada anak. Terutama antioksidan, selain mampu menangkal efek radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh si kecil, zat ini juga dapat melindungi kulitnya dari kerusakan akibat paparan sinar matahari atau polusi.

  1. Mengontrol penambahan berat badan

Bagi anak-anak yang mengalami obesitas atau kegemukan, jambu biji bisa menjadi pilihan yang baik untuk camilan sehat, Bun. Buah yang memiliki nama lain jambu biji ini kaya akan serat dan nutrisi, namun relatif rendah kalori.

Konsumsi serat juga bisa membuat si kecil merasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makannya bisa lebih terkontrol. Dengan demikian, keinginan untuk mengemil makanan yang tidak sehat dapat dikurangi. Dengan mengonsumsi buah-buahan, termasuk jambu biji, berat badan anak bisa lebih mudah dikontrol.

  1. Mencegah hipertensi pada anak

Tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa dialami oleh anak-anak lho. Ada banyak faktor yang dapat menempatkan anak pada risiko penyakit ini, mulai dari faktor keturunan, stres yang berlebihan, obesitas, hingga pola makan yang tidak sehat.

Nah, untuk mencegah si kecil mengalami tekanan darah tinggi, Anda disarankan untuk membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah. Buah jambu biji mengandung antioksidan dan potasium yang tinggi. Nutrisi ini dikenal baik untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi.

Ibu bisa memberikan jambu biji sejak anak berusia 6 bulan atau sudah mendapat makanan pendamping ASI (MPASI). Namun tekstur jambu biji harus disesuaikan dengan usia anak ya Bun. Jika Anda ingin memberikan jambu biji kepada buah hati Anda, Anda bisa mengolahnya menjadi bubur atau pure yang sudah disaring.

Melihat banyaknya manfaat jambu biji untuk kesehatan anak, maka mulai sekarang Anda bisa memasukkan buah ini dalam menu harian si kecil. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pilihlah buah jambu biji yang masih segar.

Sebelum memberikannya kepada si kecil, Anda harus mencuci buah ini terlebih dahulu. Selanjutnya, potong jambu biji menjadi beberapa bagian dan buang bijinya. Ini penting agar dia tidak tersedak saat memakannya.

Jika si kecil tidak suka memakan jambu biji secara langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi jus segar, salad buah, es krim, smoothies, campuran jelly atau jelly, bahkan salad buah.

Meski jarang, beberapa anak bisa mengalami reaksi alergi terhadap jambu biji. Jika setelah mengonsumsi jambu biji ada gejala alergi pada anak Anda, seperti benjolan dan ruam pada kulit, gatal-gatal, sakit perut, atau diare, sebaiknya hentikan pemberian jambu biji dan periksakan kondisi si kecil ke dokter.

Untuk Anda yang mengalami masalah akan fistula ani, Anda dapat membaca cara mengobati fistula ani. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan untuk Anda dapat bermanfaat untuk Anda semua.