Makanan diet untuk penderita maag – Diet untuk penderita maag memang tidak mudah, tapi bukan tidak mungkin juga. Bahkan jika mereka makan sedikit terlambat, mereka harus merasakan gejala mulas, yang membuat perut terasa sakit.

Makanan diet untuk penderita maag

Lantas, apakah ada makanan diet untuk penderita maag yang aman dikonsumsi? Jawabannya adalah: ada. Berikut beberapa tips makanan yang harus anda coba.

  1. Daging dan ikan tanpa lemak

Makanan diet pertama untuk penderita maag adalah daging ikan tanpa lemak. Protein dalam kedua makanan tersebut merupakan nutrisi yang dibutuhkan penderita maag saat berdiet. Keduanya mampu meringankan beban kerja organ perut. Beberapa ikan yang direkomendasikan adalah salmon, tuna, sarden, dan cod.

Kandungan protein yang rendah lemak namun tinggi pada ikan ini mampu menginisiasi pembentukan sel-sel dalam tubuh dan sangat cocok dikonsumsi oleh penderita perut sensitif. Tidak hanya itu, pasien juga disarankan untuk mengonsumsi daging ayam atau sapi tanpa lemak. Protein juga aman bagi penderita maag yang ingin berdiet.

  1. Buah Asam Rendah

Selain sayuran, buah-buahan merupakan makanan yang baik untuk pembentukan energi dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sebagai makanan diet bagi penderita maag, sebaiknya hindari makan makanan dengan keasaman tinggi, seperti lemon, jeruk dan tomat. Vitamin C sendiri merupakan makanan yang baik yang dikonsumsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun, dengan penggunaan berlebihan, gejala sakit maag bisa kembali kapan saja.

Selain buah-buahan dengan tingkat keasaman yang tinggi, penderita juga disarankan untuk menghindari buah-buahan dengan kandungan gas yang tinggi. Buah-buahan tersebut antara lain nangka, kedondong, dan pisang ambon. Jika Anda nekat memakannya, asam lambung bisa langsung naik.

  1. Sayuran Rendah Asam

Tidak semua sayuran menjadi makanan bagi penderita maag, lho. Hal ini dibuktikan dengan sayuran yang mengandung gas dan kandungan asam yang tinggi. Kedua jenis sayuran tersebut bisa memicu munculnya sakit maag. Beberapa jenis sayuran yang aman untuk dikonsumsi yaitu asparagus, kacang hijau, seledri dan brokoli.

segera konultasikan program diet anda ke dokter agar program diet anda lancar dan jangan lupa rutin untuk medical check up karena penting dan juga sekarang lebih mudah untuk melihat harga medical check up karena adanya metode online.

Jadi anda tidak perlu khawatir untuk masalah biaya medical check up, mungkin hanya ini sedikit informasi yang dapat kami sampaikan semoga informasi diatas bermanfaat dan berguna untuk anda.