Kenali Kemasan yang Mengandung Pemutih – Apakah kemasan makanan yang menggunakan kertas aman untuk makanan? masyarakat semakin kritis dalam memilih kemasan makanan. Banyak yang bertanya-tanya seperti apa kemasan makanan yang aman untuk makanan dan aman untuk kesehatan. Karena begitu banyak bahan dasar untuk membuat kemasan makanan dari plastik, kaca, aluminium hingga kertas. Dan hari ini kita akan berbicara tentang kemasan makanan yang terbuat dari kertas. Kertas kemasan makanan merupakan salah satu bahan dasar yang banyak digunakan saat ini. Selain bahan yang mudah ditemukan, kertas juga merupakan bahan dasar yang paling aman. Mengapa? Karena bahan dasar kertas sangat mudah terdegradasi dan ramah lingkungan. Namun perlu diingat bahwa tidak semua kertas bisa digunakan sebagai bahan dasar kemasan makanan.

Kenali Kemasan yang Mengandung Pemutih

Ada banyak jenis kertas yang bisa digunakan untuk membuat kemasan makanan. Dan contohnya adalah kertas food grade atau biasa disebut kertas yang terbuat dari virgin pulp yang sangat aman dari kontak dengan makanan. Kedua makanan disajikan panas dan dingin. Dan warna kertas ini adalah putih gading. Ingat warnanya adalah “Putih Gading”. Untuk kemasan makanan yang aman bagi kesehatan, kertas yang tidak mengandung pemutih atau senyawa kimia dengan Optical Brightening Agent (OBA).

Apa itu Agen Pencerah Optik (OBA)? Optical Brightening Agent (OBA) merupakan senyawa yang dapat memberikan efek pencahayaan pada suatu objek yang terkena cahaya, sehingga objek tersebut tampak lebih putih dan cerah. Penggunaan OBA sudah dikenal sejak abad ke-18, ketika OBA alami pertama kali digunakan dalam industri tekstil. Sejak 1940, OBA telah berhasil disintesis dengan mereaksikan asam diaminostilbene disulphonic dengan sianurat klorida. Sejak saat itu, OBA telah banyak diterapkan dalam berbagai aplikasi industri seperti tekstil, deterjen, kertas dan kosmetik (Ullman’s Encyclopedia Of Industrial Chemistry, 2002).

Penggunaan OBA dalam industri kertas semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan kertas putih khususnya kertas tulis, kertas cetak dan kertas foto kopi yang membutuhkan tingkat keputihan yang cukup tinggi. Penggunaan pulp yang diputihkan dan penggunaan zat warna serta mineral filler seperti kapur dirasa belum optimal untuk memenuhi kebutuhan tersebut karena adanya warna kekuningan pada pulp dari sisa lignin yang tidak hilang seluruhnya pada proses pulping dan bleaching. Dengan kondisi tersebut, OBA memegang peranan yang sangat penting karena senyawa ini memiliki sifat dan proses yang unik yang tidak dimiliki oleh senyawa lain.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kertas dengan Optical Brightening Agent (OBA) adalah jenis kertas tulis, kertas cetak dan kertas fotokopi. Jika kemasan makanan Anda berwarna putih seperti contoh kertas cetak, apakah patut dicurigai apakah makanan tersebut aman? Atau apakah kertasnya mengandung pemutih? Bagaimana kita mengetahui bahwa kemasan makanan yang kita gunakan menggunakan pemutih atau tidak?

Cara mengetahuinya adalah:

  • Siapkan alat yang mengandung sinar ultraviolet atau yang dapat Anda temukan di detektor uang.
  • Siapkan kemasan makanan
  • Nyalakan kemasan makanan Anda dengan alat tersebut, jangan lupa matikan lampu agar lebih jelas. Jika Anda menerangi kemasan makanan Anda dan kemasan makanan Anda memantulkan cahaya, berarti kemasan makanan Anda mengandung pemutih dan jika tidak memantulkan cahaya, kemasan makanan Anda tidak mengandung pemutih.

Mungkin hanya ini informasi yang dapat kami berikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda semua. jika anda butuh kemasan makanan jangan salah pilih, kami merekomendasikan temapack sebagai solusi kemasan anda, temapack memiliki beragam produk kemasan seperti paper bag, lunch box, dan kertas nasi coklat yang bisa di custom.