Kenali 3 Penyakit Kulit Bersisik – Kulit bersisik merupakan masalah kulit yang dapat mengganggu penampilan karena terkadang disertai rasa gatal dan tidak nyaman. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor usia dengan penggunaan produk perawatan kulit. Pada beberapa orang, kulit kering dan bersisik dapat disebabkan oleh kondisi kulit tertentu.

Kenali 3 Penyakit Kulit Bersisik

Kulit bersisik merupakan salah satu masalah kulit yang dapat mengganggu penampilan karena terkadang disertai rasa gatal dan tidak nyaman. Bagaimana itu mungkin? Kulit bersisik bisa muncul ketika lapisan kulit terluar terkelupas.

Kulit memproduksi sekitar 30.000 hingga 40.000 sel kulit mati setiap hari. Sel kulit mati ini kemudian diangkat dan diganti dengan sel kulit baru.

Pada kulit yang sehat, proses penggantian sel kulit mati seharusnya tidak terlihat dan tidak terlihat. Sayangnya, pada beberapa orang, proses ini sering muncul sebagai kulit bersisik.

Apa Penyebab Kulit Bersisik?

Penyebab kulit bersisik atau terkelupasnya lapisan kulit mati adalah karena rusaknya lapisan luar kulit yang mengandung campuran sel kulit mati dan minyak alami untuk membantu menjaga kulit.

Jika popok pecah dan kelembapannya hilang, proses regenerasi sel kulit berhenti atau tidak bekerja dengan baik, menyebabkan kulit mengelupas dan mengelupas.

Selain itu, kulit kering dan bersisik dapat disebabkan oleh usia, paparan sinar matahari, paparan bahan kimia keras, penggunaan obat jerawat, cuaca terlalu panas atau terlalu panas, dingin, dan kekurangan air minum.

Beberapa orang mungkin juga memiliki masalah kesehatan tertentu yang juga memicu kondisi kulit kering bersisik dengan rasa gatal dan mengelupas, seperti:

  1. Eksim (dermatitis atopik)

Salah satu penyebab kulit bersisik bisa dipicu oleh eksim atau dermatitis atopik.

Bayi dan anak-anak biasanya mengalami eksim di dagu dan pipinya, tetapi kulit bersisik bisa muncul di bagian tubuh mana saja.

Kulit bersisik akibat kondisi ini biasanya muncul di leher, dada, lipatan kulit, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan.

Eksim tangan dapat membuat kulit pada telapak tangan dan jari menjadi kering, tebal, pecah-pecah, merah, bengkak, dan gatal. Bahkan, kulit bisa terbakar bahkan berdarah.

Pada dasarnya penyebab dermatitis atopik tidak dapat diketahui secara pasti. Gejala dapat terjadi karena reaksi alergi atau iritasi kulit terhadap zat tertentu, seperti parfum, sabun mandi, produk perawatan kulit dan kosmetik, klorin, asap tubuh, rokok, dan pakaian (anak sulung).

  1. Psoriasis

Psoriasis, terutama jenis psoriasis plak, akan menimbulkan gejala berupa area kemerahan pada kulit yang dipenuhi sisik.

Psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang terjadi ketika sel-sel kulit baru tumbuh lebih cepat dari biasanya, tetapi sel-sel kulit lama tidak terkelupas dengan baik.

Sel-sel kulit baru dan lama ini menyebabkan bercak-bercak tebal, gatal, dan nyeri pada kulit, menyebabkan ruam merah, menebal, dan bersisik.

Biasanya penyakit kulit kering bersisik ini muncul di tangan dan kaki, siku dan lutut, serta kulit kepala. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kuku Anda retak, hancur, atau rontok.

Baca Juga: Cara mengobati Fistula Ani

Biasanya, psoriasis disebabkan oleh faktor keturunan dan gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, tidak ada pengobatan khusus yang dapat menyembuhkannya.

Pengobatan dokter biasanya hanya diberikan untuk mengurangi gejala dan keluhan yang dialami pasien.

  1. Dermatitis seboroik

Penyebab kulit bersisik dan bersisik di kulit kepala bisa karena dermatitis seboroik.

Dermatitis seboroik adalah penyebab kulit kepala kering dan bersisik, menghasilkan serpihan putih dalam bentuk ketombe.

Jika Anda menderita dermatitis seboroik, kulit kepala dan kulit di sekitarnya akan berminyak dan memiliki sisik kuning atau putih.

Anda bahkan dapat menemukan serpihan di alis Anda. Ketombe jenis ini juga dapat mempengaruhi kulit di belakang telinga dan di sisi hidung.