Jenis Serangga perusak Pakaian – Anda mungkin pernah menemukan lubang kecil misterius di pakaian, bahkan yang pernah disimpan di lemari. Meski hanya lubang kecil, tentu saja bisa mengganggu penampilan pakaian Anda. Jadi siapa sebenarnya yang bertanggung jawab atas lubang-lubang ini?

Jenis Serangga perusak Pakaian

Jika kita melihat sekeliling rumah, kita akan sering menemukan serangga kecil menempel di dinding, di lemari, atau mungkin di tumpukan pakaian yang digantung. Serangga inilah yang Anda curigai sebagai tersangka utama perusakan pakaian Anda.

Beberapa serangga dapat merusak kain seperti wol, katun, rayon, linen, dan bahkan menodai bahan sintetis. Ketika serangga ini mengunyah kain, lubang dapat terbentuk sebagai bukti kerusakan yang ditimbulkannya.

Mengenali jenis-jenis serangga perusak pakaian akan memudahkan untuk menyingkirkannya dan mencegahnya merusak pakaian Anda. Penggunaan insektisida atau penolak serangga lainnya merupakan cara yang umum dilakukan untuk mengendalikan serangga tersebut.

Jenis serangga apa yang dapat merusak pakaian? Di sini, di thespruce.com, kami telah mengumpulkan jenis-jenis serangga perusak pakaian yang harus Anda jauhkan dari lemari Anda.

  1. kumbang karpet

Jenis pertama penghancur pakaian adalah kumbang karpet. Jenis kumbang garmen pembunuh ini dibagi menjadi tiga spesies yang bisa dilihat dari pola warnanya, yaitu kumbang karpet warna-warni, kumbang karpet hitam, dan kumbang karpet biasa.

Kumbang karpet betina dapat bertelur di tempat-tempat tersembunyi seperti pakaian, furnitur, celah-celah di lantai dan permadani. Telur menetas dalam delapan sampai 15 hari, atau lebih cepat dalam cuaca panas.

Tapi bukan orang dewasa yang merusak kain Anda, larvalah yang merusak dan memakan kain pakaian Anda. Larva memakan serat alami seperti wol, mohair, dan bulu dan dapat merangkak dari satu tempat ke tempat lain. Mereka paling sering ditemukan di kain, meskipun kami juga menemukan mereka hidup di celah-celah gelap seperti saluran udara dan lemari.

  1. Tinea pollionella

Jenis serangga perusak pakaian yang kedua adalah ngengat pakaian, Tinea pollionella. Anda mungkin pernah melihat serangga seperti cacing bercangkang keras memanjat dinding rumah Anda. Serangga ini adalah larva dari ngengat pakaian.

Larva membawa wadah datar sekitar 1/4 sampai 1/2 inci panjangnya. Makhluk-makhluk ini akan membuat lubang di pakaian Anda dan kain lainnya. Larva memakan bulu, kain flanel, wol, linen kotor, dan rambut.

  1. kecoak

Jenis penghancur pakaian yang ketiga adalah kecoa. Kecoa merupakan serangga yang memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Selain itu, kecoa juga dapat merusak pakaian dan kain di rumah Anda.

Kecoa tertarik pada keringat dan noda cairan tubuh, tumpahan makanan dan minuman, serta pati cucian. Ketika kecoak menggerogoti noda-noda ini, mereka dapat membuat lubang di serat pakaian Anda.

  1. Belalang

Jenis penghancur pakaian yang keempat adalah jangkrik. Jangkrik mungkin tidak dikenal sebagai serangga yang memakan pakaian. Namun, mereka tertarik pada noda makanan dan minuman serta pati alkali.

Jangkrik akan memakan sisa-sisa noda dan memotong benang pakaian Anda. Selain itu, kotoran jangkrik juga bisa menodai pakaian bersih. Jadi jika Anda menemukan kotoran serangga ini, cucilah kembali pakaian tersebut sebelum dipakai.

  1. Kutu api

Jenis serangga penghancur pakaian yang kelima adalah kutu api, atau firebrat. Serangga ini biasanya berukuran 1/4 hingga inci. Kutu api memiliki lapisan keperakan dan coklat.

Mereka adalah serangga tanpa sayap dengan tubuh berbentuk wortel dengan lima kaki. Mereka aktif di malam hari dan lebih suka kamar yang hangat seperti loteng dengan suhu di atas 90 F.

Begitu kutu api menemukan sumber makanan, mereka cenderung tinggal di dekatnya. Serangga ini sangat menyukai bahan katun, linen dan rayon. Noda makanan dan minuman berbahan dasar gula juga sangat menarik bagi serangga ini.

Itu dia beberapa serangga yang patut Anda waspadai agar tidak merusak pakaian kesayangan Anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua. Kunjungi situs dari Konveksi di Tangerang untuk mendapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya.