Ini dia Kemasan yang Baik untuk Digunakan – Kepanikan dan kekhawatiran akibat pandemi virus corona (COVID-19), terjadi hampir di seluruh dunia. Untuk bersama-sama mencegah penularan COVID-19, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau seluruh masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga kebersihan. Oleh karena itu, sebagai pelaku usaha yang bergerak di bidang makanan dan minuman, Anda harus benar-benar memperhatikan tidak hanya proses pengolahan makanannya saja. Tapi juga kebersihan kemasan makanan.

 Ini dia Kemasan yang Baik untuk Digunakan

Menurut kepala Cabang Penanggulangan dan Pencegahan Wabah di Amerika Serikat, yang bertanggung jawab menyelidiki penyakit bawaan makanan dan air. Dr Ian Williams mengatakan bahwa virus tidak dapat ditularkan dari makanan itu sendiri. Ia mengatakan, sejauh ini belum ada bukti bahwa makanan atau kemasannya bisa menularkan virus. Namun, mengingat perkembangan informasi terkait COVID-19 blues terus berkembang, sebagai pengusaha makanan dan minuman, Anda tidak boleh lengah.

Saat ini, beberapa restoran dan layanan pengiriman telah menerapkan pencegahan virus dan kontaminasi silang dengan pengiriman tanpa kontak. Misalnya, paket sembako diantar dengan diletakkan di teras atau di depan pintu dengan teknik pembayaran online. Don Schaffner, spesialis ilmu pangan dan risiko mikroba, menyarankan konsumen untuk segera mengeluarkan makanan dari kemasan dan meletakkannya di piring. Namun, sebelum dan sesudah meletakkannya di piring tentunya Anda harus mencuci tangan dengan cara yang baik.

Selain memperhatikan kemasan makanan untuk bahaya Virus COVID-19, beberapa jenis kemasan juga perlu Anda perhatikan, lho! Karena tidak semua bahan dan jenis kemasan makanan aman untuk tubuh manusia. Berikut 5 jenis kemasan makanan yang aman bagi kesehatan:

  1. Kemasan Makanan Kedap Udara

Jenis cetakan kemasan pertama yang dianggap aman digunakan adalah kemasan kedap udara. Sehingga segala jenis makanan yang dikemas di dalamnya tidak akan bocor. Al juga berhubungan langsung dengan keamanan kualitas makanan yang Anda miliki. Makanan yang terlindung dari udara tidak akan rusak meski dikemas dalam waktu lama. Udara di luar yang banyak mengandung bakteri dan virus juga dapat membahayakan kesehatan jika terkena makanan yang terkontaminasi.

  1. Kemasan Makanan Kedap Air

Cara kedua untuk melindungi makanan adalah dengan mencetak kemasan makanan dengan tipe waterproof. Air tidak akan bisa menembus ke dalam kemasan dan membantu menjaga kualitas makanan Anda. Dengan begitu, makanan tidak akan mudah rusak atau berubah menjadi racun.

  1. Kemasan Makanan Non-Styrofoam

Jenis kemasan selanjutnya yang dianggap aman bagi kesehatan adalah memilih wadah kemasan yang tidak terbuat dari bahan styrofoam. Jika Anda sering menggunakannya dalam waktu lama, maka kesehatan Anda bisa terganggu. Untuk menghindarinya, mulailah beralih dengan mulai mencetak kemasan makanan dari bahan non styrofoam.

  1. Pengemasan dengan Sirkulasi Udara

Dalam memilih kemasan makanan, Anda juga diharuskan memilih jenis cetakan kemasan yang memiliki sirkulasi udara. Ini harus diperhatikan, terutama untuk makanan dengan suhu tinggi yang diletakkan di wadah saat Anda memesan take away.

  1. Kemasan Makanan Non-Logam

Untuk kemasan makanan, sebaiknya hindari yang mengandung logam. Karena tidak menutup kemungkinan kandungan logam pada kemasan produk akan menempel pada makanan yang terdapat dalam kemasan. Sebagai pelaku usaha, Anda tidak hanya dituntut untuk mencetak kemasan makanan dengan desain yang lucu atau menarik.

Namun, Anda juga harus jeli dan cermat dalam memilih bahan atau jenis kemasan makanan yang akan digunakan. Jangan sampai kemasan makanan yang digunakan justru dapat membahayakan kesehatan konsumen. Selain itu, dengan memperhatikan detail kecil seperti itu Anda bisa mendapatkan target pasar Anda sendiri, lho!

Selain memperhatikan jenis kemasan yang akan mencetak brand bisnis Anda, perhatikan juga kebersihan kemasannya. Mengingat di tengah pandemi COVID-19, perlu upaya ekstra menjaga kebersihan untuk meminimalisir penyebaran virus. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari pelanggan sehingga bisnis Anda tetap bisa berjalan meski di tengah pandemi COVID-19.

Mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda semua, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Kunjungi situs dari Temapack untuk mendapatkan berbagai macam penawaran menarik mengenai Kertas Nasi Coklat.