Fakta Menarik mengenai Vit D – Vitamin D merupakan salah satu suplemen yang biasa dikonsumsi untuk mencegah COVID-19 dan mempercepat pemulihan. Rekomendasi konsumsi vitamin D untuk COVID-19 adalah suplemen ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Apakah ini benar?

Fakta Menarik mengenai Vit D

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Vitamin ini juga merupakan anti inflamasi dan antioksidan serta dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, otot, dan saraf.

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelainan bentuk tulang pada anak-anak dan nyeri tulang pada orang dewasa. Selain itu, rendahnya kadar vitamin D dalam tubuh juga dikaitkan dengan peningkatan risiko pneumonia dan infeksi virus pernapasan akut.

Kedua kondisi ini sangat mempengaruhi tingkat keparahan gejala pada pengidap COVID-19. Oleh karena itu, diyakini pemberian vitamin D pada COVID-19 mampu melawan infeksi virus Corona dengan meningkatkan kekebalan tubuh

Efektivitas vitamin D dalam pengobatan Covid-19

Sejauh ini, belum ada obat untuk COVID-19. Namun, pemberian suplemen nutrisi seperti vitamin D diyakini dapat membantu mengobati dan mempercepat pemulihan pasien COVID-19, terutama pasien yang tidak menunjukkan gejala atau memiliki gejala ringan.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 10-25 mikrogram vitamin D setiap hari dapat melindungi dari infeksi saluran pernapasan akut. Selain itu, vitamin D spesifik COVID-19 juga telah terbukti mengurangi risiko badai seluler dan komplikasi lain yang terkait dengan infeksi.

Vitamin D juga diketahui dapat mengurangi risiko hipoksia dan menurunkan kesadaran pada pasien COVID-19, serta kematian pada pasien berusia di atas 40 tahun.

Sebaliknya, kekurangan vitamin D diketahui meningkatkan keparahan COVID-19, terutama pada pasien obesitas dan diabetes.

Namun, sayangnya, beberapa temuan di atas hanya didasarkan pada studi skala kecil. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas vitamin D untuk COVID-19, baik dalam pencegahan maupun pemulihan.

Sumber Vitamin D dan Dosis Harian yang Direkomendasikan

Meski khasiat vitamin D dalam mengobati COVID-19 masih perlu kajian lebih lanjut, asupan vitamin D harian harus tetap mencukupi. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk:

  • penyakit jantung
  • Hipertensi
  • penderita diabetes
  • gangguan sistem kekebalan tubuh
  • Kanker, seperti kanker prostat dan kanker payudara
  • sklerosis ganda
  • Radang paru-paru
  • Bekuan darah atau trombus
  • Penyakit pernapasan seperti TBC, asma, dan penyakit paru obstruktif

Semua gangguan kesehatan ini dapat memperburuk kondisi Anda jika Anda memiliki COVID-19.

Anda bisa mendapatkan vitamin D dengan beberapa cara:

  • Berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 15-20 menit, minimal 3 kali seminggu
  • Makan makanan yang kaya vitamin D seperti salmon, daging merah, hati, dan kuning telur
  • Minumlah Suplemen Vitamin D

Namun, konsumsi suplemen vitamin D harus sesuai dengan kebutuhan. Asupan vitamin D harian yang direkomendasikan secara internasional adalah 400 IU untuk anak-anak hingga usia satu tahun, 600 IU untuk usia 1 hingga 70 tahun, dan 800 IU untuk mereka yang berusia 70 tahun atau lebih.

Hindari mengonsumsi suplemen vitamin D dosis tinggi, terutama jika melebihi 4.000 IU per hari. Kelebihan dosis vitamin D dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti sakit perut, telinga berdenging, kelemahan otot, dan bahkan gagal ginjal.

Selain itu, suplementasi vitamin D jangka panjang dapat menyebabkan penumpukan kalsium (hiperkalsemia) yang justru dapat melemahkan tulang, serta merusak ginjal dan jantung.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin D, terutama jika Anda memiliki penyakit atau kondisi medis tertentu.

Efektivitas vitamin D untuk COVID-19 masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Namun, jika Anda memiliki COVID-19, penuhi asupan makanan Anda dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya vitamin dan mineral. Jika perlu, konsumsi suplemen sesuai anjuran dokter.

Jangan lupa ikuti protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari keramaian, dan rutin mencuci tangan. Jika Anda merasakan gejala COVID-19, Anda dapat menghubungi dokter dengan mengunjungi situs Plazamedis untuk informasi tentang tindakan yang harus dilakukan dan bertanya mengenai Paket Medical Check Up Murah.