Fakta menarik dari Bunga Magnolia – Bunga magnolia memiliki aroma yang sangat apek dengan bentuk yang indah. Bunga ini merupakan spesies yang mekar paling cepat saat musim semi tiba. Magnolia itu sendiri adalah berbagai bunga asli Amerika Utara.

Fakta menarik dari Bunga Magnolia

Varietas dengan bunga putih atau merah muda ini sangat populer di kalangan wanita karena maknanya yang sangat dalam. Arti dari bunga Magnolia ini diyakini sebagai kemurnian dan ketulusan memberikan cinta kepada pasangan.

Di tempat asalnya, Magnolia ini biasanya tumbuh dan berbunga dengan warna pink yang sangat khas. Dilihat dari kejauhan, kerumunan Magnolia ini akan terlihat seperti bunga sakura di Jepang.

Tak banyak yang tahu, ternyata banyak fakta unik terkait varietas bunga satu ini. Hal inilah yang menyebabkan popularitasnya meningkat pesat di kalangan pecinta bunga. Penasaran apa saja fakta unik tersebut? Ikuti penjelasan di bawah ini.

  1. Magnolia memiliki lebih dari 304 Spesies

Berdasarkan penelitian yang dilakukan hingga saat ini, terdapat lebih dari 304 jenis bunga magnolia yang tersebar di berbagai belahan dunia. Setiap spesies memiliki jenis, habitat, warna, bentuk dan ukuran yang berbeda.

Diketahui, spesies Magnolia terkecil tumbuh di kisaran 4 meter. Sedangkan untuk ukuran yang lebih besar bisa mencapai ketinggian 24 meter. Benar-benar besar untuk ukuran pohon berbunga, bukan?

Hari ini kita tahu bahwa Atlas Magnolia adalah spesies dengan bunga terbesar. Lebar bunga varian atlas ini bisa mencapai 14 inci atau sekitar 35,56 cm. Bisa dibayangkan ukuran bunga ini.

  1. Magnolia adalah Bunga dari Prasejarah

Menurut penelitian para ahli, bunga ini termasuk dalam kategori bunga prasejarah. Dilihat dari faktanya, bunga ini akan tumbuh 20 juta tahun yang lalu.

Ini mungkin juga menjadi alasan mengapa Magnolia ini memiliki begitu banyak varietas yang tersebar di seluruh dunia. Karena umurnya yang sangat panjang, Magnolia telah berevolusi menjadi banyak varietas yang dapat Anda temukan saat ini. Jenis bunga magnolia juga tersebar luas selama ini.

  1. Obat Tradisional yang umum digunakan

Berdasarkan pentingnya bunga magnolia dalam sejarah, magnolia telah digunakan sebagai alat pengobatan di Cina selama ribuan tahun. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya obat-obatan Cina yang menjadikan Magnolia sebagai salah satu bahan utamanya.

Magnolia ini dikenal memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru dan menghilangkan kecemasan. Tentunya dibutuhkan cara pengobatan yang benar sebelum ramuan ini bisa dikonsumsi sebagai obat.

Hanya saja yang digunakan sebagai pengobatan bukanlah bunganya, melainkan kulit pohonnya. Jenis yang biasa digunakan sebagai obat adalah Magnolia Officinalis. Spesies ini tumbuh di Cina utara.

  1. Banyak Spesies Magnolia yang akan Punah

Menurut informasi yang diterbitkan oleh Daftar Merah IUCN, banyak varietas Magnolia saat ini terancam punah. Itu sebabnya mereka memasukkannya ke dalam daftar merah atau daftar merah tanaman langka.

Diketahui bahwa di antara 304 varietas Magnolia yang dapat ditemukan saat ini, 147 di antaranya sudah sangat sulit ditemukan. 147 varietas ini termasuk dalam kategori Magnolia Liar yang jarang dibudidayakan oleh manusia.

Magnolia adalah jenis bunga dengan masa tumbuh yang panjang. Dari saat benih ditanam, tanaman unik ini mungkin tidak berbunga sampai 10 tahun kemudian. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk melestarikan bunga Magnolia ini.

Bagaimana menarik bukan informasi yang sudah kami sampaikan diatas? Kunjungi situs dari toko bunga Tangerang untuk mendapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya.