Cara tepat merawat Rumah Kayu – Renovation-rumah.net Menarik memang, jika kita memiliki rumah dengan design dan material yang tidak biasa. Misalnya di rumah kayu. Rumah jenis ini pada umumnya digunakan oleh masyarakat pedesaan pada zaman dahulu dan beberapa diantaranya juga bertahan hingga saat ini. Bentuk dan kesan keren dari rumah kayu ini nampaknya menarik untuk pertama kalinya menjadi desain rumah urban.

Cara tepat merawat Rumah Kayu

Padahal, Anda tidak perlu menggunakan kayu murni sebagai pondasi atau material inti untuk membuat rumah. Karena rumah seperti itu tentunya memiliki banyak kelemahan antara lain mudah lapuk, terkena panas dan hujan, gangguan serangga, bencana alam, kebakaran dan lain sebagainya.

Meski sekarang Anda bisa menggunakan material kayu siap pakai yang sudah diolah sedemikian rupa agar lebih awet. Yang perlu Anda lakukan hanyalah kebijakan desain, misalnya menggunakan material kayu pada lantai atau dinding yang sebelumnya diplester. Namun apapun itu, memiliki rumah kayu tentunya membutuhkan kebutuhan khusus agar selalu tampil cantik dan yang terpenting perawatan nya tahan lama.

Untuk kamu yang tertarik bikin rumah kayu minimalis atau sudah punya rumah dengan gaya seperti ini, baik hati dan waspadai cara merawatnya. Oleh karena itu, berikut kami berikan informasi untuk Anda mengenai beberapa cara merawat rumah kayu yang telah kami kutip dari situs Jasa Epoxy Lantai, diantaranya.

Bersihkan bahan kayu tersebut setiap hari dengan kemoceng atau lap dengan kain lembut yang agak lembab lalu segera keringkan. Ini termasuk perawatan harian yang tidak boleh dilakukan untuk mencegah debu atau kotoran menumpuk dan membuat rumah kayu Anda semakin sulit dibersihkan.

Jika Anda merekomendasikan mengepel, Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Ada beberapa hal yang harus Anda tanggapi yaitu lantai kayu tidak boleh sembarangan mengepel atau menggunakan kain yang sangat basah atau bahkan dengan cairan pembersih lantai.

Dikhawatirkan penggunaan bahan kimia akan merusak kayu. Sebaiknya disarankan menggunakan ramuan tradisional atau obat pel, misalnya dari air rendaman cengkeh yang terbukti membuat kayu awet dan bebas rayap yang umumnya suka menggunakan kayu.

Bahkan aktivitas sehari-hari di rumah kayu harus dilakukan dengan hati-hati. Misalnya, jika Anda ingin memindahkan suatu benda, seperti meja atau kursi, dan lain-lain, Anda harus berhati-hati untuk tidak memindahkannya. Gesekan dengan benda semacam itu akan meninggalkan goresan yang sulit dihilangkan.

Jika ada tanaman di sekitar rumah kayu Anda, usahakan untuk tidak menutupi kayunya yang membuatnya lembap sehingga mudah berjamur. Jika perlu, penataan ini dilakukan secara rutin agar tidak mengganggu rumah kayu Anda.

Begitu juga dengan sinar matahari yang menerpa rumah kayu Anda, sebaiknya batasi dengan gorden atau gorden lainnya agar tidak harus terus menerus terkena sinar matahari yang membuat kayu kusam dan cepat repetitif. Begitu juga di ruang masak atau dapur diusahakan agar asap tidak masuk ke area yang menggunakan kayu agar warnanya tidak hitam atau kusam.

Menempatkan benda yang terlalu berat dalam waktu lama. Hal ini dapat menyebabkan lantai kayu keras rumah Anda rusak atau sedikit tenggelam, sehingga sulit untuk rusak.

Selain perawatan harian, ada baiknya Anda juga menjadwalkan perawatan yang lebih intensif. Misalnya sebulan sekali atau setiap dua bulan. Perawatan yang lebih intensif ini bisa termasuk membasmi dan mencegah serangga atau rayap, hewan pengerat, dan pengukuran dinding luar rumah. Jika kayu tidak terlindung dari goresan dan warnanya sudah pudar, sebaiknya lakukan pelapisan atau pengecatan ulang agar terlihat menarik dan mengkilat.

Demikian informasi singkat yang dapat kami berikan tentang beberapa cara merawat rumah kayu. Jika Anda merasa kesulitan untuk melakukan perawatan ini sendirian, kini sudah banyak jasa perawatan rumahan berbahan kayu dan tentunya Anda harus menyiapkan budget ekstra untuk melakukan hal tersebut. Terima kasih semoga informasi ini bermanfaat dan menginspirasi Anda. Kunjungi situs dari Jasa Epoxy Lantai Tangerang untuk mendapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya.