Cara tepat Menjaga Tekanan Darah – Tekanan darah yang meningkat dapat menyebabkan kondisi medis yang serius, seperti penyakit jantung dan stroke. Itulah mengapa sangat penting untuk memeriksakan tekanan darah Anda secara teratur agar tetap pada angka yang normal. Alasan lainnya, beberapa kasus orang yang memiliki tekanan darah tinggi bahkan tidak merasakan gejala apapun.

Cara tepat Menjaga Tekanan Darah

Meski ada banyak faktor yang memicu naiknya tekanan darah, ada juga tips lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah naiknya tekanan darah tinggi. Gaya hidup berperan penting dalam mencegah tekanan darah tinggi.

Jika Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, tentunya Anda harus menjaga tekanan darah Anda dalam kisaran normal agar tidak berkembang menjadi penyakit yang serius. Berikut gaya hidup yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tekanan darah tetap normal:

  1. Hindari kelebihan berat badan

Tekanan darah sering kali meningkat seiring bertambahnya berat badan. Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea). Nah, kondisi inilah yang kemudian meningkatkan tekanan darah. Penurunan berat badan adalah salah satu perubahan gaya hidup paling efektif untuk mengontrol tekanan darah.

Selain menurunkan berat badan, Anda juga perlu memperhatikan lingkar pinggang Anda. Pasalnya, banyaknya lemak yang menumpuk di sekitar pinggang bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Meluncurkan Mayo Clinic, pria dengan ukuran pinggang lebih dari 102 sentimeter dan wanita yang lingkar pinggangnya lebih dari 89 sentimeter berisiko mengalami tekanan darah tinggi.

  1. Olahraga secara teratur

Aktivitas fisik secara teratur adalah cara lain yang sangat efektif untuk mengontrol tekanan darah pada tingkat yang sehat. Pastikan Anda rutin berolahraga setiap hari. Latihan yang Anda lakukan tidak harus berat. Anda tinggal berjalan santai selama kurang lebih 30 menit setiap hari. Penting untuk tetap konsisten karena jika Anda berhenti berolahraga, tekanan darah Anda bisa kembali naik. Selain jalan kaki, olahraga lain yang bisa Anda coba adalah jogging, bersepeda, berenang, atau menari.

  1. Kurangi Asupan Sodium

Anda pasti sudah sering mendengar bahwa konsumsi garam dapat meningkatkan tekanan darah. Pengaruh asupan natrium pada tekanan darah sebenarnya bervariasi antar kelompok orang. Sebaiknya batasi asupan natrium Anda setidaknya 1.500 miligram sehari untuk menjaga tekanan darah Anda pada tingkat normal. Tak hanya garam, Anda juga perlu menghindari jajanan olahan dan bahan makanan tertentu yang mengandung garam tinggi.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang sehat juga merupakan salah satu kunci tekanan darah yang sehat. Untuk menghindari tekanan darah tinggi, sebaiknya pilih makanan yang kaya akan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk olahan susu rendah lemak. Hindari juga makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol.

Tip lain untuk Anda ketahui, perbanyak konsumsi makanan tinggi kalium. Mengapa? Kalium dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah. Sumber potasium terbaik umumnya adalah buah-buahan dan sayuran.

  1. Batasi Minum Alkohol

Batasi konsumsi alkohol dalam jumlah sedang, yaitu satu gelas sehari untuk wanita dan dua gelas sehari untuk pria. Minum alkohol lebih dari jumlah sedang dapat meningkatkan tekanan darah secara signifikan. Selain itu, meminum alkohol juga dapat menurunkan keefektifan obat tekanan darah.

  1. Berhenti Merokok

Berhenti merokok membantu tekanan darah kembali normal. Berhenti merokok juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Orang yang berhenti merokok mungkin hidup lebih lama daripada orang yang tidak pernah berhenti merokok.

  1. Atasi Stres

Stres kronis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Stres sesekali juga dapat berkontribusi pada tekanan darah tinggi jika Anda bereaksi terhadap stres dengan makan makanan yang tidak sehat, minum alkohol, atau merokok.

Luangkan waktu untuk memikirkan pemicu stres, seperti pekerjaan, keluarga, keuangan, atau penyakit. Setelah Anda mengetahui apa yang menyebabkan stres, pertimbangkan cara untuk mengurangi atau mengurangi stres.

Itulah beberapa tips efektif untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Jika Anda memiliki keluhan saat mengalami tekanan darah tinggi, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Sebelum mengunjungi rumah sakit, buatlah janji terlebih dahulu melalui aplikasi kesehatan agar lebih mudah seperti menanyakan biaya medical check up dan lain sebagainya.