Cara Mengukur dan Menjaga Lingkar Perut Normal – Jumlah lemak tubuh yang tinggi dan perut yang buncit dapat menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan berat badan dan masalah kesehatan lainnya. Pengukuran berat badan (body mass index) dan lingkar pinggang merupakan salah satu cara untuk memperkirakan status berat badan yang berhubungan dengan potensi risiko penyakit.

Cara Mengukur dan Menjaga Lingkar Perut Normal

Lingkar perut adalah ukuran di sekitar perut setinggi pusar. Pakar kesehatan biasanya menggunakan ukuran perut untuk mengetahui apakah seseorang memiliki masalah kesehatan yang berkaitan dengan berat badan. Terlepas dari keserbagunaan metode ini, lingkar perut hanyalah salah satu indikator yang dapat menunjukkan kondisi kesehatan tertentu. Lantas, bagaimana cara mengukur lingkar pinggang yang normal?

Bagaimana cara mengukur lingkar perut yang normal?

Untuk mengukur lingkar pinggang yang normal, sebaiknya gunakan pita pengukur fleksibel yang tidak elastis (pita pengukur tidak boleh melar saat mengukur). Anda juga harus melepas pakaian tebal yang dapat memberikan bantalan di sekitar perut.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengukur lingkar pinggang Anda:

  • Berdiri untuk pengukuran pinggang yang akurat.
  • Bungkus pita pengukur di sekitar bagian paling penuh dari perut Anda, atau di atas pusar Anda. Tidak perlu mengencangkan pita di perut.
  • Setelah pita pengukur diposisikan dengan benar, tarik napas dengan lembut dan lakukan pengukuran pada saat menghembuskan napas.
  • Lakukan pengukuran tiga kali untuk memastikan hasil yang konsisten. Memegang pita pengukur terlalu kencang pada perut atau memegangnya terlalu longgar akan memberikan hasil yang salah.

Lingkar pinggang normal untuk pria harus kurang dari 102 sentimeter dan untuk wanita kurang dari 90 sentimeter. Jika lebih besar, sebaiknya tanyakan kepada dokter cara mendapatkan lingkar pinggang yang normal.

Menurut National Institutes of Health (NIH), jika Anda memiliki banyak lemak perut, Anda berisiko tinggi terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Dokter masih perlu melakukan pemeriksaan kesehatan lain untuk mendiagnosis penyakit tersebut.

Bagaimana cara menjaga lingkar perut tetap normal?

Lemak di sekitar perut cukup sulit untuk dihilangkan. Namun ada banyak cara untuk mendapatkan lingkar pinggang yang normal, yaitu:

  • Lakukan kardio. Ini adalah cara terbaik untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung. Latihan kardio, seperti aerobik, dapat mengurangi lemak dan mempertahankan lingkar perut yang normal.
  • Makan lebih banyak serat, karena serat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Serat juga baik untuk kesehatan pencernaan, sehingga mencegah perut kembung dan perut terlihat langsing.
  • Batasi karbohidrat olahan. Jika Anda ingin mengurangi jumlah lemak di sekitar perut, Anda harus membatasi konsumsi karbohidrat olahan.
  • Tingkatkan asupan protein. Menurut sebuah penelitian, orang yang makan protein berkualitas tinggi memiliki persentase lemak perut yang lebih rendah.
  • Lebih banyak olahraga dan aktivitas ekstra di siang hari. Apalagi bagi Anda yang sebagian besar waktu bekerja.
  • Minum banyak air untuk menjaga kontrol porsi pada waktu makan.
  • Latih otot inti Anda, termasuk perut dan punggung. Membangun otot inti dapat membantu perut Anda terlihat dan terasa kencang saat Anda menghilangkan lemak perut.

Ada banyak cara untuk mempertahankan lingkar perut yang normal. Berolahraga secara teratur, meningkatkan asupan serat, dan banyak istirahat dapat membantu Anda mempertahankan lingkar perut yang normal.

Untuk Anda yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check up. Anda bisa kunjung website resmi plaza medis, Plaza medis menawarkan paket medical check up dengan harga murah tapi pengerjaannya sangat teliti.

Untuk melihat harga paket medical check up murah yang di tawarkan bisa ditanya kan langsung melalui whatsapp yang tersedia di website plaza medis. Mungkin hanya ini informasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua ya.