Cara mengkonsumsi Vitamin dengan Benar – Selain makanan dan minuman yang bergizi, suplemen vitamin umumnya dikonsumsi untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun, jika memang perlu, pastikan Anda mengetahui cara mengonsumsi suplemen yang benar agar tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Cara mengkonsumsi Vitamin dengan Benar

Vitamin dan mineral adalah nutrisi penting. Artinya, tubuh tidak dapat memproduksi kedua zat gizi tersebut secara alami, sehingga perlu diperoleh dari makanan atau suplemen agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Suplemen vitamin tambahan mungkin tidak lagi diperlukan jika Anda sudah mengonsumsi berbagai makanan sehat secara teratur. Jenis makanan sehat ini dapat mencakup berbagai buah-buahan, sayuran, daging, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Namun suplemen vitamin dapat dikonsumsi saat kebutuhan nutrisi tersebut meningkat atau saat tubuh kekurangan asupan, misalnya saat sakit, saat hamil atau menyusui, memasuki usia tua, atau dalam masa pemulihan setelah sakit.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi vitamin

Sebelum membeli dan mengonsumsi vitamin, ada baiknya jika Anda mengetahui manfaat dan risiko mengonsumsi vitamin tersebut. Jika Anda benar-benar membutuhkan atau memutuskan untuk mengonsumsi suplemen vitamin, perhatikan dulu beberapa hal berikut ini:

  1. Konsultasikan dengan dokter

Sebelum mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan dosis suplemen vitamin yang tepat.

Dosis konsumsi suplemen vitamin yang tepat juga bisa berbeda pada kelompok tertentu, seperti anak-anak, ibu hamil atau menyusui, dan penderita suatu penyakit.

  1. Baca label kemasan produk

Produk suplemen vitamin umumnya akan mencantumkan dosis penggunaan suplemen yang direkomendasikan pada label kemasan.

Selain itu, label juga mencantumkan bahan yang terkandung dalam suplemen vitamin, dosis konsumsi tunggal, manfaat, efek samping, dan tanggal kedaluwarsa. Informasi ini penting untuk Anda perhatikan agar vitamin dapat dikonsumsi dengan baik dan aman.

  1. Waspadai efek interaksi obat

Saat ingin mengonsumsi suplemen vitamin, Anda perlu menentukan apakah suplemen tersebut akan memiliki efek interaksi dengan obat tertentu, suplemen lain, makanan, atau produk herbal.

Anda juga dapat mencatat semua suplemen dan obat-obatan yang Anda miliki atau sedang Anda konsumsi untuk bertanya kepada dokter Anda.

Di sisi lain, ada beberapa suplemen vitamin yang justru perlu dicampurkan ke dalam minuman atau makanan. Namun, pastikan Anda tidak kelebihan nutrisi dan Anda tidak berisiko mengalami efek samping tertentu.

  1. Pastikan izin penjualan produk

Sebelum mengonsumsi suplemen tertentu, Anda bisa mengecek apakah produk suplemen tersebut sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Obat, suplemen vitamin, atau produk yang tidak terdaftar di BPOM adalah obat yang tidak memiliki izin untuk dijual atau dikonsumsi, sehingga belum tentu aman untuk dikonsumsi.

Waspadalah terhadap suplemen yang terlalu dipromosikan atau menggunakan istilah yang terlalu menarik seperti “jaminan uang kembali” atau “100% alami”.

Jangan mudah tergiur dengan produk suplemen yang mengklaim dapat menyembuhkan berbagai penyakit atau melangsingkan tubuh dengan cepat.

Suplemen vitamin yang baik harus ditujukan untuk mengatasi masalah tertentu dan bukan hasil yang terlalu menjanjikan.

Suplemen tersedia dalam berbagai bentuk tablet, kapsul, bubuk, atau cairan. Perbedaan bentuk ini menentukan seberapa banyak kadar vitamin yang dapat diserap oleh tubuh dan seberapa cepat efek suplemen vitamin bekerja. Biasanya suplemen dalam bentuk cair akan lebih cepat diserap tubuh dibandingkan yang berbentuk pil.

Selain itu, berbagai bentuk suplemen juga bergantung pada jenis vitamin nya. Beberapa suplemen vitamin hanya tersedia dalam bentuk pil, jika tidak mereka bisa berbahaya dan berpengaruh pada asam lambung.

Oleh karena itu, tanyakan kepada dokter mengenai jenis suplemen yang tepat untuk Anda.

Mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda semua, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semua. Untuk Anda yang ingin mendapatkan kesehatan jasmani segeralah rutin melakukan medical check up dengan mencari layanan paket medical check up.