Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil – Karena bertambahnya usia kehamilan, wanita lilac mengalami kembung selama kehamilan. Kembung saat hamil bisa mengganggu kenyamanan dan memengaruhi nafsu makan. Ketahui cara yang tepat untuk mengatasi perut kembung selama kehamilan.

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

Perut kembung adalah suatu kondisi dimana perut terasa kencang dan kenyang. Perut juga umumnya akan terasa lebih besar jika Anda mengalami perut kembung. Hal tersebut tentunya bisa menimbulkan ketidaknyamanan bagi siapa saja, terutama ibu hamil. Keluhan perut kembung bisa dirasakan kapan saja selama hamil. Namun, beberapa wanita hamil mungkin merasa lebih lilac kembung sejak 29 minggu kehamilan.

Rata-rata orang kemungkinan akan buang gas atau gas 14-40 kali sehari. Namun, banyaknya gas pada ibu hamil bisa membuat ibu hamil lebih lincah untuk mengeluarkan gas. Kembung saat hamil disebabkan oleh bayi di perut Anda yang membesar dan menekan perut Anda. Itu juga bisa memperlambat sistem pencernaan.

Kembung juga bisa disebabkan oleh kehamilan yaitu progesteron. Hormon ini memiliki efek relaksasi pada otot, termasuk pencernaan sehingga cupja melambat. Selain itu, adanya gas berlebih yang masuk ke sistem pencernaan Anda bisa menyebabkan perut kembung. Gas ini terjadi di tubuh kita ketika bakteri di usus besar memproses sisa makanan yang belum dicerna oleh sistem pencernaan.

Cara Mengatasi Kembung Saat Hamil

Untuk mengatasi perut kembung, hal pertama yang Anda lakukan adalah menghindari makanan dan minuman yang bisa menimbulkan gas. Misalnya brokoli, kembang kol, kol, kacang-kacangan, makanan tinggi lemak, gorengan, bawang dan soda.

Selain itu, ada cara lain untuk mengatasi perut kembung saat hamil, di antaranya sebagai berikut:

  • Makanan kaya fruktosa

Makanan tinggi gula fruktosa, seperti daun bawang, biji-bijian, apel, pir, dan makanan olahan, juga bisa menyebabkan kembung pada beberapa orang.

  • Makanan berlemak

Anda tidak harus menghindari makanan berlemak karena dapat memperlambat pencernaan, yang dapat menyebabkan perut kembung.

  • Makanlah dalam porsi kecil

Cobalah untuk membuatnya sedikit. Makan berlebihan atau banyak makan sepanjang waktu setelah perut Anda kosong, yang membuat kembung semakin parah selama kehamilan karena butuh waktu lama untuk dicerna.

  • Khasiat minuman berkarbonasi dan pemanis buatan

Minuman berkarbonasi dan pemanis buatan tidak digunakan untuk wanita hamil. Bagi ibu hamil yang diminta untuk lebih banyak mengonsumsi kalsium dengan mengonsumsi susu bebas laktosa atau susu kedelai yang diperkaya kalsium.

  • Berolahragalah secara teratur selama kehamilan

Olah raga selama hamil baik untuk kesehatan ibu maupun bayi dalam kandungan. Olahraga ringan, seperti jalan santai, bisa mencerna sistem pencernaan, perut kembung bisa teratasi. Anda juga bisa mencoba mengikuti kelas yoga untuk ibu hamil agar merasa lebih rileks dan nyaman selama hamil.

  • Mulailah berhenti memukul dan kemudian minum alkohol

Merokok selama kehamilan berdampak buruk bagi ibu dan janin di dalam kandungan, jadi segera hentikan kebiasaan merokok. Tak hanya rokok berkontribusi pada banyak gangguan kesehatan yang serius, ternyata merokok juga meningkatkan keasaman lambung. Konsepnya juga dengan minuman beralkohol yang menimbulkan risiko besar bagi kesehatan bayi di dalam kandungan.

Lakukan saran di atas untuk menghindari perut kembung saat hamil. Jika kembung saat hamil mengganggu dan disertai kram perut, diare parah, atau sembelit, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter lalu dokter bisa memberikan resep obat yang aman untuk dikonsumsi ketika hamil setelah itu anda hanya perlu menebusnya di apotik atau toko obat.

Mungkin hanya ini informasi yang dapat kami berikan di atas. Semoga informasi di atas dapat membantu dan melaporkan gejala perut kembung saat Anda atau pasangan mengalami kembung. Sungguh rutinitas yang baik untuk medical check up sehingga biaya medical check up bisa dibicarakan dengan dokter spesialis.