Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak – Mimisan pada anak-anak biasanya tidak berbahaya. Jadi Anda tidak perlu panik atau khawatir. Untuk menghentikan pendarahan, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama mimisan pada anak.

Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

Mimisan merupakan kondisi yang umum dialami oleh semua orang, termasuk anak-anak. Mereka mengalami mimisan lebih sering daripada orang dewasa. Ini karena pembuluh darah di hidung anak lebih rapuh dan mudah pecah.

Berikut ini adalah langkah awal pengobatan untuk menghentikan pendarahan jika anak mengalami mimisan:

  • Tenangkan anak agar lebih mudah untuk Anda bantu. Juga tunjukkan bahwa Anda dapat menangani ini dengan tenang.
  • Dudukkan anak dengan kepala sedikit diturunkan. Minta dia untuk tidak bersandar untuk mencegah darah mengalir dari bagian dalam saluran hidung ke tenggorokan, kerongkongan, atau melalui mulut. Jika ini terjadi, anak berisiko tersedak, batuk atau muntah.
  • Tutupi hidung Anda dengan tisu atau kain bersih. Namun, hindari menempelkan tisu atau waslap di lubang hidung Anda.
  • Peras bagian lembut hidung anak dengan lembut selama kurang lebih 10 menit. Anda juga bisa meletakkan kompres dingin di pangkal hidung anak Anda untuk menghentikan pendarahan.
  • Setelah 10 menit, lepaskan tombol dan lihat apakah pendarahan telah berhenti atau tidak.
  • Jika pendarahan belum berhenti, ulangi langkah-langkah tersebut.

Anda juga harus tanggap dalam menilai kondisi anak. Segera bawa anak Anda ke rumah sakit jika ia memiliki salah satu dari kondisi berikut:

  • Dia memberikan pertolongan pertama dengan menekan hidungnya dua kali selama 10 menit, tetapi darahnya tidak berhenti mengalir.
  • Anak terlihat lemah dan pucat, mengalami kesulitan bernapas dan memiliki detak jantung atau nadi yang cepat.
  • Darah yang keluar diperkirakan terlalu banyak.
  • Anak harus batuk atau muntah hebat, karena darah dari hidung sudah mengalir ke tenggorokan dan mulut atau bisa tertelan.
  • Bagian lain dari tubuh juga berdarah, seperti gusi.
  • Mimisan sering terjadi, yaitu lebih dari dua kali seminggu.

Langkah-langkah mencegah mimisan pada anak

Beberapa penyebab mimisan pada anak dapat diantisipasi, yaitu dengan mencegah anak memasukkan benda asing ke dalam hidung, mengajari anak untuk tidak membuang napas terlalu keras saat mengeluarkan lendir atau ingus, dan mengawasinya saat bermain agar hidungnya tidak terbentur.

Selain itu, pastikan kuku anak Anda selalu bersih dan tidak terlalu panjang, agar ia tidak melukai dirinya sendiri saat membersihkan hidung. Ajari juga anak untuk tidak membiasakan mengupil. Anda juga bisa mengajarinya pentingnya menjaga diri Anda tetap aman.

Jika mimisan pada anak sering terjadi dan sulit dihentikan, coba periksakan ke dokter atau pergi ke kelinik untuk Paket Medical Check Up , jika ingin mengetahui biaya medical check up anda bisa melihat di website medis yang ada di internet.

Lalu jangan khawatir untuk masalah harga Paket Medical Check Up Murah karena anda masih bisa konsultasi secara gratis di website medis contohnya website yang dimiliki plazamedis yang menawarkan konsultasi gratis. Mungkin hanya ini iormasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas dapat membantu anda semua.