Cara Memilih Kertas Dupleks – Kertas dupleks ini tersebar luas dan Anda mungkin pernah mendengar tentang kotak yang terbuat dari kertas dupleks. Kertas duplex merupakan jenis kertas yang sering digunakan sebagai kemasan produk.

Cara Memilih Kertas Dupleks

Kertas dua sisi tersedia dalam berbagai bentuk, tetapi yang paling umum digunakan adalah persegi dan persegi panjang. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kertas duplex yang harus Anda ketahui.

  1. Memiliki warna yang khas

Kertas ini memiliki warna yang mencolok, umumnya kertas dua sisi memiliki 2 warna dengan sisi yang berbeda. Pada bagian dalamnya biasanya berwarna abu-abu kecoklatan dengan tekstur yang agak kasar atau noda akibat proses daur ulang, sedangkan bagian luarnya berwarna putih mengkilat bila tidak diwarnai.

  1. Sangat kuat untuk pengepakan

Ciri lain dari kertas duplex adalah sangat kuat sebagai bahan kemasan utama, kertas duplex sering disebut sebagai jenis karton yang sangat kuat. Maka tidak heran jika permintaan pasar akan kertas dua sisi meningkat, karena dapat melindungi produk yang Anda jual, seperti smartphone atau barang elektronik lainnya yang membutuhkan perlindungan lebih, bahkan kertas dua sisi lebih kuat dari karton biasa.

  1. Hasil Daur Ulang

Percaya atau tidak, kertas dupleks didaur ulang. Oleh karena itu, kertas duplex merupakan bahan ramah lingkungan yang dapat membantu mengurangi limbah kertas. Kertas yang ditumpuk dan digunakan didaur ulang oleh berbagai perusahaan daur ulang dan salah satu hasilnya adalah kertas dupleks.

  1. Memiliki tingkat ketebalan yang berbeda

Ciri lain dari kertas duplex adalah memiliki ketebalan yang berbeda-beda, dalam hal ini yang dimaksud dengan berat ukuran kertas. Kertas duplex memiliki bobot yang berbeda-beda, mulai dari yang paling ringan 250gr dan terberat di kisaran 500gr.

Jika ingin menggunakan paket kertas dupleks, Anda harus mengetahui spesifikasi kertas dupleks yang diinginkan. Untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai jenis kemasan kertas dupleks, silakan kunjungi situs web Tjetak. Sesuaikan ukuran dan berat kertas duplex dengan produk yang akan Anda jual. Dan Anda juga perlu mengetahui cara memilih kertas duplex yang baik untuk digunakan, berikut adalah tips memilih kertas duplex yang baik.

  1. Pahami sifat kertas dua sisi

Cara memilih kertas duplex yang benar, pertama yang perlu dilakukan adalah melihat kekakuan kertas (stiffness), kemudian kerapatan kertas itu sendiri (substance), kemudian ketebalan kertas (thickness), serat karton ( arah butir) dari kertas dupleks yang diinginkan. Apapun yang ingin Anda perhatikan dan terakhir, tingkat kelembapan (moisture), kecerahan (brightness) dan kelembutan (smoothness) sangat penting untuk diperhatikan.

  1. Sesuaikan dengan desain kemasan

Hal terpenting kedua adalah Anda perlu menyesuaikan properti kertas dupleks di atas agar sesuai dengan desain yang akan Anda terapkan pada kertas dupleks itu sendiri. Karena jika tidak pas, akan sulit untuk mencetak desain pada kertas duplex.

  1. Sesuaikan produk yang dijual

Dan yang terpenting, Anda harus mencocokkan kertas duplex dengan produk yang akan Anda jual. Jika barang yang Anda jual adalah barang pecah belah, maka sebaiknya gunakan kertas duplex yang paling tebal agar dapat melindungi barang dengan baik, dan juga harus ada kertas di dalamnya agar kokoh dan memberikan perlindungan lebih untuk barang pecah belah.

Ini adalah beberapa fitur kertas dupleks yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan kertas dupleks mana yang akan digunakan sebagai bahan dasar kemasan Anda. Dan Anda juga perlu memahami cara memilih kertas duplex yang tepat agar sesuai dengan produk yang akan dijual.

Kini Anda bisa dengan mudah mendapatkan paket kertas duplex dari berbagai distributor kemasan juga hanya bisa Anda dapatkan secara online di Temapack selaku produsen paper bubble wrap.