Cara membuat Pakaian Tahan Lama – Banyak dari kita yang menyisihkan uang dalam jumlah besar untuk membeli baju baru setiap bulannya, namun malah melupakan pentingnya perawatan rutin pakaian dan aksesoris.

Cara membuat Pakaian Tahan Lama

Kunci perawatan pakaian adalah pencucian dan penyimpanan yang tepat. Ada beberapa tips sederhana namun bermanfaat yang bisa Anda terapkan untuk membuat pakaian Anda bertahan lebih lama. Berikut beberapa di antaranya yang bisa Anda tiru.

  1. Ketahui waktu terbaik untuk mencuci pakaian

Ada beberapa jenis pakaian yang bisa Anda pakai beberapa kali sebelum dicuci. Ada juga yang harus langsung ke laundry setelah dipakai sekali atau dua kali. Jeans bisa dipakai 5-10 kali sebelum dicuci. Sweater bisa dipakai 10 sampai 15 kali. Selama waktu ini, kemeja, t-shirt, pakaian dalam, dan kaus kaki harus segera dicuci setelah 1 kali digunakan. Simak penjelasan lengkapnya di sini.

  1. Tutup semua ritsleting sebelum dicuci

Untuk mencegah ritsleting rusak atau melar, tutup satu per satu sebelum dicuci. Ini sangat berguna jika Anda mencucinya dengan mesin.

  1. Masukkan tas ke dalam sarung bantal sebelum dicuci

Ransel memiliki gesper dan ritsleting yang dapat dengan mudah menggores mesin cuci. Selain itu, tali dan benang yang terkadang muncul di antara jahitan juga bisa tersangkut di putaran mesin.

Untuk menghindarinya, letakkan tas di dalam sarung bantal. Ikat dengan kuat, lalu cuci dengan mesin seperti biasa.

  1. Tambahkan garam ke air cucian

Garam dapat mencegah warna cerah memudar selama proses pencucian. Tambahkan sejumput garam untuk pakaian berwarna atau larutan garam dan cuka untuk jeans ke dalam air cucian. Simak penjelasan lengkapnya di sini.

  1. Bersihkan noda sesegera mungkin

Jika pakaian Anda kotor dan bernoda, segera bersihkan. Setelah itu cuci dan keringkan seperti biasa. Jangan biarkan noda menempel dan mengundang jamur.

  1. Gunakan air dingin untuk mencuci

Mencuci dengan air panas atau suam-suam kuku dapat membuat noda memudar lebih cepat. Namun, air panas juga dapat merusak kain dan warna pakaian. Gunakan hanya air dingin, terutama jika Anda tidak ingin pakaian Anda cepat melar.

  1. Pisahkan pakaian berdasarkan warna saat dicuci

Mungkin Anda mempelajari trik ini dari orang tua Anda. Pisahkan pakaian sesuai dengan warnanya agar tidak luntur saat dicuci.

  1. Mencuci dan mengeringkan pakaian luar dalam

Cuci pakaian di dalam dan di luar, lalu keringkan dengan cara yang sama. Dapat mencegah pakaian dari kehilangan warna karena menggosok saat mencuci, dan mencegah kerusakan warna dari paparan sinar matahari langsung.

  1. Pakaian putih kering di luar, pakaian berwarna-warni di dalam

Jika memungkinkan, keringkan pakaian putih di luar dan keringkan pakaian gelap dan terang di bawah atap yang teduh.

  • Simpan dan lipat dengan rapi

Lipat pakaian yang mudah melar, seperti t-shirt dan sweater. Gantung pakaian dan pakaian dengan gantungan agar tetap rapi. Pastikan tempat penyimpanan tidak lembab, tetapi terlindung dari paparan sinar matahari. Jika perlu, letakkan beberapa butir kapur barus di dekatnya.

  • Jangan memakai pakaian untuk pergi keluar saat tidur

Siapa yang suka langsung tidur tanpa ganti baju setelah bepergian? Hentikan kebiasaan ini sekarang. Kebiasaan ini dapat merusak pakaian dengan sangat cepat.

Ini adalah cara sederhana yang dapat Anda terapkan untuk menjaga pakaian Anda tahan lama untuk tahun-tahun mendatang. Dengan cara ini, Anda tidak perlu membeli pakaian setiap tahun, apalagi setiap bulan. Kunjungi situs dari Konveksi Tangerang untuk mendapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya.