Cara Membuat Link Building Berkualitas – Dalam konteks pembuatan tautan, kualitas berarti tautan yang diperoleh dari situs web aktif dengan reputasi baik menurut Google. Jadi bagaimana kita bisa membuat link building yang berkualitas? Berikut ulasannya.

Cara Membuat Link Building Berkualitas

  1. Buat konten yang bagus

Semua pakar SEO atau penyedia jasa seo setuju bahwa backlink berkualitas tinggi bisa didapatkan jika kita juga memiliki konten yang berkualitas. Karena konsep membuat backlink seperti merekomendasikan sesuatu kepada orang lain. Logikanya, sesuatu yang direkomendasikan harus baik, tidak ada yang akan merekomendasikan sesuatu yang buruk.

Inilah mengapa dasar pertama untuk membuat link building yang berkualitas adalah membuat konten yang bagus dan menarik. Indikasi yang baik apakah suatu konten dapat dilihat oleh Google berdasarkan jumlah pengunjung dan berapa lama mereka berada di situs tersebut.

Jika kita bisa membuat konten yang bagus, banyak website akan tertarik untuk memberikan backlink. Pengunjung juga tidak ragu untuk merekomendasikan situs Anda di media sosial mereka untuk meningkatkan peluang lebih banyak lalu lintas.

  1. Mencari Tautan Rusak

Teknik selanjutnya, cari broken link yang konten dan temanya mirip dengan konten kita. Broken link adalah link mati, artinya ketika link tersebut di klik kita tidak akan menemukan halaman yang direferensikan. Penyebabnya bermacam-macam, bisa jadi website sudah expired, salah penulisan link, dan lain sebagainya.

Jika Anda menemukan tautan seperti itu di situs web, coba lakukan pembuatan tautan dengan situs itu. Hubungi pemilik situs dan yakinkan mereka untuk mengganti tautan rusak dengan tautan ke halaman konten serupa di situs Anda. Apakah ini mungkin?

Tentunya selama konten yang kami sediakan berkualitas tinggi dan berpotensi untuk menarik banyak pengunjung. Jika kami tidak memiliki konten yang sama, coba buat artikel baru untuk ditawarkan. Untuk mengetahui apa saja isi dari broken link sebelumnya, anda bisa menggunakan Wayback Machine.

  1. Daftarkan situs ke website direktori

Tips terakhir untuk membuat link building adalah, daftarkan situs di direktori website yang berkualitas. Keunggulan dari direktori web yang berkualitas adalah mereka dengan moderasi yang ketat. Direktori semacam ini tidak akan menerima situs palsu yang isinya berantakan atau kurang konsep.

Dengan mendaftarkan situs Anda di direktori situs web, Anda secara tidak langsung membuat bangunan tautan yang berkualitas. Apalagi jika folder yang dipilih memiliki tema tertentu, tergantung dari konten dan tema situs kita. Jadi pastikan untuk mendaftar jika direktori web target cukup kompeten.