Cara memanfaatkan Sampah Plastik – Plastik menjadi salah satu sampah terbesar di Indonesia yang banyak mencemari lingkungan. Lingkungan laut pun banyak yang mati karena limbah sampah plastik yang berbahaya. Memang penggunaan plastik tidak dapat dihindari saat ini. Maka solusi terbaik dari sampah plastik pun adalah dengan memanfaatkannya.

Cara memanfaatkan Sampah Plastik

Saat ini sudah banyak kota – kota besar di Indonesia yang sudah melarang menggunakan plastik. Dengan melarang menggunakan plastik dapat memberikan dampak positif karena dapat mengurangi pencemaran limbah plastik.

Kita telah bertindak terlalu jauh dalam mencemari planet dan sudah saatnya kita semua mulai menggunakan lebih sedikit plastik dan menggunakannya kembali dengan semua cara yang memungkinkan. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk mengolah limbah plastik agar tidak semakin mencemari bumi kita.

Plastik juga dapat menjadi salah satu kemasan yang tidak baik untuk digunakan. Maka dari itu banyak orang yang beralih dengan menggunakan paper lunch box karena lebih aman untuk digunakan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada kalian semua cara memanfaatkan sampah plastik dengan baik. Tidak usah tunggu lama – lama lagi, mari kita simak saja langsung penjelasannya berikut ini.

  1. Gunakan Botol Plastik untuk Menyiram Tanaman

Cara mengolah limbah plastik agar tidak mencemari lingkungan yang pertama dengan memanfaatkan limbah plastik untuk menyiram tanaman. Buatlah lubang kecil di seluruh botol. Gali lubang yang cukup besar untuk menyembunyikan botol di tengah penanam atau di samping tanaman di tempat tidur taman.

Masukkan botol ke dalam lubang dan tutupi dengan tanah sehingga Anda masih memiliki akses ke lehernya. Isi botol dengan air dan perlahan akan meresap ke dalam lubang, menyiram tanaman.

  1. Ubah Botol Plastik untuk Pancuran Air

Cara mengolah limbah plastik agar tidak mencemari lingkungan lainnya adalah dengan memanfaatkan botol plastik untuk pancuran air. Buat lubang di tutup botol. Isi botol dengan air, biarkan di bawah sinar matahari sampai air menjadi hangat, dan sirami tanaman Anda. Jika Anda ingin bereksperimen, gunakan botol plastik untuk memperbaiki kepala pancuran yang bocor.

  1. Membuat Rumah Kaca untuk Sayuran

Cara mengolah limbah plastik agar tidak mencemari lingkungan yang ketiga adalah membuat rumah kaca untuk sayuran. Rumah kaca konvensional menghabiskan banyak biaya dan menempati banyak ruang sementara rumah kaca botol adalah solusi yang baik untuk taman dengan ukuran berapa pun.

Potong bagian bawah botol PET, kemudian buka tutupnya, dan letakkan di tempat tidur taman Anda sehingga botol mengelilingi tanaman. Rumah kaca improvisasi ini terlihat sederhana, tetapi akan memperpanjang musim panas untuk sayuran Anda dan melindunginya dari angin.

  1. Gunakan Sebagai Pot Bunga

Botol soda, susu dan jus bekerja dengan baik sebagai pot bunga improvisasi. Pilih botol yang cukup besar untuk bunga Anda, buat lubang dengan ukuran yang sesuai dan isi botol dengan tanah. Jangan lupa membuat lubang kecil di bagian bawah untuk drainase air agar baik.

Itu dia beberapa cara memanfaatkan sampah plastik yang dapat Anda lakukan. Alangkah baiknya tetap menggunakan packaging food grade untuk menjaga kualitas makanan, dan dapat lebih melindungi lingkungan, semoga bermanfaat.