Bunga Portulaca yang kaya akan Manfaat – Bunga portulaca atau yang sering disebut krokot mawar pada dasarnya memiliki nama yang berbeda-beda. Portulaca memiliki nama lain portulaca grandiflora.

Bunga Portulaca yang kaya akan Manfaat

Padahal, portulaca merupakan tanaman yang memiliki lebih dari 100 spesies. Semua jenis portulaca tersebar di berbagai daerah tropis dan subtropis. Portulaca sebenarnya adalah tanaman yang berasal dari Amerika Selatan.

Di Amerika Selatan, terutama Argentina, Brasil, dan Uruguay, Anda dapat dengan mudah menemukan bunga ini. Di Indonesia, portulaca lebih sering disebut sebagai tanaman krokot.

Dikenal sebagai ilalang, tentunya cara menanam bunga portulaca sangat mudah. Portulaca memiliki kapasitas untuk tumbuh begitu cepat.

Jangan salah, meskipun portulaca sering disebut atau dianggap sebagai rumput liar, manfaat dari portulaca banyak, tidak hanya itu, portulaca juga memiliki warna bunga yang sangat menarik sehingga berpotensi untuk tumbuh.

Portulaca sangat mudah tumbuh di negara dengan iklim tropis. Anda mungkin bertanya-tanya dari mana nama bunga ini berasal? Mengapa portulaca disebut bunga jam sembilan?

Nama bunga jam sembilan ini karena portulaca biasanya mulai berbunga pada jam 9 pagi, itulah sebabnya diberi nama ini. Portulaca adalah jenis tanaman yang mentolerir cuaca panas dan kering dengan sangat baik.

Portulaca banyak digunakan sebagai tanaman hias tergantung dari jenis bunga portulacanya. Selain digunakan sebagai tanaman hias, portulaca juga sering digunakan sebagai biofarmasi dan sayuran.

Pertumbuhan portulaca sangat cepat sehingga cocok sebagai tanaman penutup tanah. Portulaca memiliki bentuk sukulen dengan panjang cabang 10 hingga 30 cm. Portulaca memiliki banyak cabang.

Dari segi daun, daun portulaca memiliki panjang sekitar 12-35mm dan lebar 1-4mm. Daun portulaca memiliki bentuk elips yang runcing.

Batang bunga portulaca pendek dan memiliki bulu-bulu halus di bawah ketiak, portulaca memiliki mahkota seperti bunga mawar kecil. Karangan bunga ini berwarna merah, ungu dan pink dengan diameter 2 sampai 4 cm.

Berbagai Manfaat dari Bunga Portulaca

Seperti diketahui, ada berbagai jenis bunga portulaca. Semua jenis bunga ini memiliki kelebihannya masing-masing. Ada berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam portulaca.

Dalam senyawa portulaca terkandung kemampuan untuk mencegah penyakit. Berikut adalah keuntungan yang berbeda dari portulaca:

  1. Menyembuhkan sakit tenggorokan

Portulaca memiliki manfaat untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Bukan hanya sakit tenggorokan saja yang bisa sembuh. Portulaca juga mampu mengurangi rasa sakit pada pasien yang mengalami sakit tenggorokan.

Untuk membuatnya sebagai obat tenggorokan, Anda bisa mengonsumsi portulaca yang telah dihaluskan, lalu campurkan dengan air dan gunakan sebagai obat kumur untuk menghilangkan rasa sakit.

  1. Menyembuhkan kudis dan bisul

Selain digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, portulaca juga digunakan untuk mengobati luka dan bisul. Anda bisa menggiling portulaca dan mengoleskannya pada bisul dan luka.

  1. Menyembuhkan hepatitis

Selain cara menanam bunga portulaca yang mudah, siapa sangka portulaca bisa menyembuhkan penyakit hepatitis. Untuk menyembuhkan hepatitis, Anda bisa mengonsumsi rebusan portulaca dua kali sehari.

  1. Mengurangi sakit kepala

Jika Anda mengalami sakit kepala yang mengganggu, sakit kepala ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi portulaca. Anda dapat merendam portulaca dalam air panas dan kemudian mengkonsumsi air yang direndam dalam portulaca.

Portulaca adalah bunga yang kaya akan berbagai manfaat. Namun tentunya perawatan bunga portulaca harus dilakukan dengan benar. Itu dia beberapa informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda semua, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua. Kunjungi situs dari toko bunga Tangerang untuk mendapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya.