Buah Pepaya Dapat Mencegah Wasir – harus memperhatikan asupan dan nutrisi yang dikonsumsi setiap hari. Kekurangan serat dalam tubuh dapat menyebabkan Anda mengalami sembelit atau sembelit. Sembelit yang tidak segera diobati dapat menyebabkan wasir atau ambeien.

Wasir atau ambeien terjadi ketika terjadi pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah di ujung usus besar. Pada umumnya wasir bisa dialami oleh siapa saja dan penderita bisa mengalami pendarahan saat buang air besar. Benarkah makan pepaya bisa mengatasi wasir?

Buah Pepaya Dapat Mencegah Wasir

Peningkatan aliran darah di dalam atau di sekitar anus merupakan pemicu utama wasir. Tekanan ini menyebabkan pembuluh darah di sekitar anus membengkak dan meradang. Menurut Healthline, ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang mengalami wasir, mulai dari mengejan saat buang air besar, komplikasi dari sembelit parah, duduk dalam waktu lama, hingga riwayat keluarga dengan kondisi serupa.

Tak hanya itu, wasir terkadang terjadi saat tubuh mengalami kekurangan serat, kondisi kehamilan, kebiasaan mengangkat beban terlalu sering.

Benarkah pepaya bisa mengatasi wasir? Melansir Medical News Today, pepaya dapat mencegah wasir atau sembelit yang dialami seseorang. Hal ini dikarenakan kandungan papain, serat dan air yang cukup tinggi pada buah pepaya baik untuk pencernaan dan mencegah sembelit.

Memang makan pepaya mampu mencegah wasir, namun tidak bisa mengatasi wasir yang sudah terlanjur terjadi. Jika sudah terjadi wasir, buah pepaya hanya membantu memperlancar pencernaan agar wasir tidak semakin parah. Tanyakan langsung kepada dokter mengenai pengobatan yang harus dilakukan jika Anda mengalami wasir.

Kenali gejala wasir

Dengan diluncurkannya National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, gejala wasir akan dialami secara berbeda dan tergantung jenisnya. Jika Anda menderita wasir luar, ada beberapa gejala yang akan Anda alami di sekitar anus, seperti gatal-gatal, benjolan keras atau lunak, dan nyeri atau pegal karena banyak duduk. Hindari menggaruk atau menyentuh anus terlalu sering, karena dapat memperburuk gejala wasir. Jangan khawatir, gejala wasir luar biasanya hilang dalam beberapa hari.

Sementara itu, penderita wasir dalam akan mengalami beberapa gejala tambahan, seperti keluarnya darah dari rektum. Meski jarang menimbulkan rasa sakit atau nyeri tekan, wasir dalam terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Segera pergi ke rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut jika gejala tidak membaik dalam waktu 1 minggu.

Bagaimana cara mengatasi wasir?

Cara mengobati penyakit wasir dapat diobati dengan pengobatan sendiri di rumah atau dengan perawatan medis. Anda dapat melakukan pengobatan rumahan dengan mengubah pola makan dan kebiasaan buang air besar. Sebaiknya makan lebih banyak makanan yang mengandung serat untuk melunakkan feses di saluran pencernaan.

Serat yang cukup membuat buang air besar lebih lancar. Jadi jangan lupa perbanyak makan buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh.

Juga, jangan menahan atau menunda keinginan untuk buang air besar. Kebiasaan ini akan membuat feses menjadi lebih keras. Selain itu, ingatlah untuk memenuhi kebutuhan air harian Anda dan berolahraga secara teratur untuk mencegah wasir semakin parah.