Box Kemasan Makanan Kekinian ­- Sebelumnya, kemasan makanan hanya dibungkus dengan kertas kado atau kotak makanan yang terbuat dari styrofoam atau kotak kotak. Namun, saat ini berbagai jenis kotak kemasan untuk makanan semakin bervariasi dalam desain dan ukuran. Hal ini membuat kemasan box semakin unik dan menarik. Selain sebagai wadah, juga dapat digunakan sebagai personal branding makanan kepada masyarakat sehingga dapat merangsang selera pembeli.

Box Kemasan Makanan Kekinian

Apalagi jika penontonnya adalah anak-anak, pasalnya tak jarang anak-anak akan membeli kotak makanan karena gambar dan desainnya yang lucu dan menggemaskan. Berikut beberapa kotak kemasan makanan kekinian yang unik dan menarik. Mungkin bisa Anda jadikan referensi untuk bisnis atau bisnis makanan Anda.

  1. Kotak Makan Siang Kertas

Kemasan paper lunch box merupakan kemasan kekinian, karena sudah banyak penjual yang menggunakan kemasan jenis ini. Ciri-ciri kemasan paper lunch box adalah terbuat dari kertas berwarna coklat atau putih polos dengan ketebalan yang bervariasi. Kemasan paper lunch box memiliki bentuk kotak yang dilengkapi dengan tutup yang dapat ditekuk sesuai kebutuhan. Kemasan jenis ini sering digunakan untuk mengemas berbagai macam makanan, seperti nasi, siomay, rujak, bikin, nasi goreng, mie goreng, ayam bakar, dan masih banyak lagi.

Hal ini dikarenakan kemasan paper lunch box ini memiliki bentuk yang kompak dan sederhana, mudah dibawa kemana-mana sehingga paling banyak digunakan oleh penjual sebagai kemasan. Selain itu lebih ramah lingkungan karena terbuat dari kertas yang mudah menyatu dengan alam atau dapat diperbaharui. Jika ingin menyematkan stiker atau logo produk, bisa dilakukan dengan menempelkannya di bagian atas kemasan yang mudah terlihat oleh semua orang.

Sedangkan kekurangan dari paper lunch box adalah tampilannya yang sangat sederhana sehingga tidak dapat menarik perhatian dan minat pembeli. Tentunya hal ini akan membuat tampilan produk yang biasa saja malah cenderung hambar/monoton. Apalagi bagi pembeli yang sangat menyukai desain gambar dan warna tidak akan tertarik untuk membeli produk yang menggunakan kemasan polos ini.

  1. Kemasan Kotak Sablon Penuh

Kemasan box sablon full adalah kemasan box seperti lunch box kertas, namun memiliki gambar dan desain warna yang lebih berwarna. Sehingga tampilan kemasan akan lebih hidup, eye catching, dan atraktif. Apalagi sekarang sudah banyak printer yang bisa mencetak kemasan box dengan full sablon gambar, warna, font, dan lain sebagainya sesuai permintaan atau by request sehingga kemasan akan lebih hidup. Bahkan beberapa di antaranya akan terlihat seperti 3D.

Umumnya kemasan box sablon full screen ini banyak digunakan untuk branding produk yang dijual agar mudah dikenal dan diperhatikan oleh masyarakat. Berbagai jenis produk sangat cocok untuk menggunakan jenis kemasan ini, mulai dari makanan berat, kue, bolu, makanan ringan, dan masih banyak lagi. Selain itu, dengan desain yang lebih berwarna akan meningkatkan nilai jual dan terkesan menambah cita rasa produk.

Kekurangan dari kemasan box sablon full ini tentu saja mengecek kantong lebih dalam. Pasalnya, biaya cetak di printer sedikit lebih mahal sesuai dengan desain yang diharapkan.

  1. Kemasan Kotak Macaron

Kemasan kotak macaron adalah jenis kemasan kotak panjang dengan berbagai warna disertai dengan partisi kecil di setiap sisinya. Jenis kemasan ini umumnya dapat digunakan untuk makanan berukuran sedang hingga kecil dengan jumlah sekat yang sesuai pada kemasan kotak macaron ini. Adapun contoh makanan yang bisa menggunakan kemasan macaron box, seperti coklat, wafer, bolu, dan masih banyak lagi. Selain itu, kemasan macaron box juga memiliki warna yang full color dan dapat disematkan dengan desain sesuai kebutuhan perusahaan sehingga dapat menarik perhatian dan pandangan masyarakat untuk membelinya. Kemasan jenis ini bisa dikatakan kemasan yang sangat baru dan kekinian karena baru viral belakangan ini.

Kekurangan dari kemasan box macaron ini adalah bentuknya yang kotak memanjang sehingga jika makanan yang disimpan di dalamnya hanya sedikit saja akan terasa kosong/kosong. Tentunya hal ini akan membuat kemasan klotak-klotak terdengar saat dibawa berpergian.

Memang pada dasarnya kemasan diatas ini memang berbeda dengan Kertas Nasi Coklat. Namun banyak orang juga yang menggunakan kertas nasi untuk membungkus makanan ringan karena mudahnya pengemasan.