Biaya Pembuatan Webiste Dan Layanannya – Banyak para pebisnis yang mau membuat website untuk meningkatkan bisnis mereka. Namun banyak pula yang masih bertanya (ragu) hal biaya pembuatan. Berapa biaya pembuatan website?

Biaya Pembuatan Webiste Dan Layanannya

Biaya pembuatan website sesungguhnya tergantung beberapa hal, antara lain biaya untuk web hosting, domain, desain, fitur, ataupun biaya untuk maintenance yang dipakai. Seperti itu sebabnya ada website yang mahal dan ada yang murah. Selanjutnya 5 hal yang mempengaruhi besar ataupun kecilnya biaya suatu website.

  1. Web Hosting

Web hosting tempat untuk menaruh data( file) website, semacam gambar, video, audio, dan informasi lain yang nantinya dapat diakses lewat internet. Kalian dapat menyewa hosting secara bulanan ataupun tahunan. Biaya sewanya amat beraneka ragam, mulai dari( Rp10. 000 sampai Rp750. 000 tiap bulannya).

Biaya hosting pula terkait pada kapasitas dan bandwidth yang dipakai. Semakin besar kapasitasnya, semakin banyak pula file website yang dapat tersimpan, dan pasti biayanya pula akan semakin besar. Sebaliknya bandwidth merupakan kecepatan transfer data yang dihitung dalam satuan bit( detik) ataupun bit per second( bps).

Dan saat sebelum menyewa hosting, alangkah lebih baik bila kalian berdiskusi terlebih dulu dengan sebagian penyedia jasa hosting. Memilih jasa hosting yang mempunyai reputasi baik, profesional, dan mempunyai support yang profesional supaya kala website kalian bermasalah, akan cepat diatasi.

  1. Domain

Domain merupakan nama yang dipakai untuk mengenali suatu website di internet. Harga domain pula bermacam- macam, mulai dari harga Rp15. 000 sampai Rp275. 000. Kalian dapat membeli nama domain pada jasa sewa hosting yang kalian gunakan.

Selanjutnya 5 panduan membuat nama domain yang istimewa, menarik, dan gampang diketahui:

  • Buat nama domain cocok dengan nama brand bisnis kalian.
  • Buat nama domain yang cocok dengan niche website( teknologi, fashion, kuliner, dan ataupun yang lainnya).
  • Buat nama domain yang memiliki kata kunci( keyword) yang kalian gunakan pada website.
  • Jauhi penggunaan angka dan ikon.
  • Gunakan extension yang tepat, misalnya. com,. id,. org, ataupun extension domain yang lain.
  1. Desain

Untuk membuat tampilan website yang khas dan menarik, pula dibutuhkan sejumlah biaya. Umumnya seorang designer membuat desain website dari awal sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pelanggan. Untuk itu diperlukan waktu dan pengalaman untuk mengerjakannya.

Membuat desain website secara manual ialah desain website yang terbuat sendiri memakai berbagai aplikasi semacam Photoshop, Adobe Dreamweaver, ataupun Adobe Muse. Dan banyak pula para designer yang memakai aplikasi berbayar untuk memudahkan mereka kala bekerja. Setelah itu rancangan website itu diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman semacam HTML ataupun CSS.

Sedangkan membuat desain website secara otomatis artinya memakai theme( template) website yang telah ada. Meski banyak template free, tetapi fitur yang disediakan pula terbatas. Alhasil mewajibkan designer untuk membeli template yang berbayar.

  1. Biaya Keamanan Website

Kala membuat website, kalian pula butuh mencermati keamanan data website. Tujuannya supaya website kalian bebas dari malware ataupun serbuan hacker yang dapat mematikan website.

Untuk keamanan website, selanjutnya 2 perihal yang kalian butuhkan.

1. Protokol HTTPS

Protokol HTTPS merupakan protokol keamanan website yang memakai Secure Socket Layer( SSL) ataupun Transport Layer Security( TLS). SSL ataupun TLS jadi hal yang berkaitan dengan keamanan privasi data suatu website. Semacam password, data pribadi, ataupun data pembayaran.

SSL bisa didapatkan secara gratis dan berbayar, terkait jasa hosting yang kalian gunakan. Terdapat jasa hosting yang sediakan hosting yang telah dilengkapi dengan SSL, terdapat juga yang harus dibeli terpisah.

2.Perlindungan Whois

Whois merupakan layanan internet yang memberikan informasi mengenai suatu domain. nama, alamat, email, no telepon, dan sebagainya. Informasi ini disebut pula dengan data Whois ataupun Whois record.

Informasi itu dapat muncul di Whois setelah kalian membeli domain. Siapa pun dapat tahu nama lengkap kamu, tempat tinggal, alamat email, dan data pribadi yang lain. Dengan kata lain, kalian dapat dengan mudah terkena spam ataupun serbuan hacker.

Nah untuk itu, kalian pula perlu membeli perlindungan Whois (Whois Privacy). Kalian dapat membelinya lewat penyedia jasa hosting yang kalian gunakan.

  1. Jenis Website

Jenis website pula mempengaruhi biaya untuk membuat website. Berdasarkan program pembuatan website, website dibagi jadi 3 jenis:

  • CMS
  • Website Builder
  • Custom Website
  1. Support System

Berikutnya kalian pula membutuhkan biaya untuk support system website. Misalnya biaya untuk melaksanakan optimalisasi SEO (Search engine optimization) supaya website kalian berada pada posisi yang baik pada hasil pencarian Google. Misalnya biaya untuk membeli plugin SEO bila website kalian berbasis WordPress. Ataupun biaya untuk mempromosikan bisnis (website). Banyak para pebisnis yang memakai jasa digital marketing untuk menaikkan bisnis mereka.

Berikut informai mengenai Biaya Pembuatan Webiste Dan Layanannya, Untuk keperluan website kamu bisa berkunsultasi kepada Digital Agency Jakarta yaitu Nusantara Art Media. Mereka akan membuat website sesuai anggaran yang kamu miliki, dan kamu bisa sekaligus konsultasi kepada mereka mengenai website dan juga lainnya.

Jasa Digital marketing ini akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi kamu yang ingin berkerja sama dengan mereka, tunggu apa lagi segera kunjungi website mereka dan dapatkan website yang kamu inginkan. Semoga bermanfaat ya