Berikut Cara menghilangkan Oli pada Pakaian – Noda oli sering menempel pada pakaian kita karena oli terdapat pada mesin dan alat mekanik, sehingga banyak terdapat di sekitar kita. Oleh karena itu, seringkali kita secara tidak sengaja menyentuh minyak dengan pakaian kita. Oli adalah komponen penting dari mesin, jadi kami sering menemukannya setiap saat.

Berikut Cara menghilangkan Oli pada Pakaian

Cukup menakutkan karena noda minyaknya berwarna hitam pekat apalagi jika pakaian yang terkena nodanya ringan karena akan sangat kentara dan noda minyaknya cukup tebal dan sulit dihilangkan. Jadi, Anda perlu tahu cara menghilangkan minyak dari pakaian.

Namun sebenarnya, tidak perlu terlalu khawatir karena kita menghilangkan atau setidaknya mengurangi noda minyak yang menempel pada pakaian kita selama kita tahu cara melakukannya. Ada beberapa cara menghilangkan minyak pada pakaian, berikut caranya:

  1. Menggunakan deterjen piring, sampo atau sabun batang

Cara pertama untuk menghilangkan minyak dari pakaian adalah dengan mencampur air dengan sabun atau menambahkan amonia jika noda minyak sangat membandel. Untuk sabun batangan, parut sabun dan campur dengan air. Setelah tercampur dengan air, aduk hingga tercampur rata. Oleskan larutan ini ke seluruh area yang bernoda hingga halus dan berbusa.

Kemudian celupkan kain tersebut ke dalam wadah yang berisi air dan bilas dengan larutan air yang dicampur dengan cuka sampai bersih, lalu cuci seperti biasa. Ulangi cara ini jika noda minyak masih membandel.

  1. Gunakan semprotan penghilang noda

Di pasaran kita bisa menemukan semprotan penghilang noda yang cukup serbaguna. Kita bisa menggunakan semprotan ini untuk menghilangkan noda minyak pada pakaian. Caranya semprotkan pada bagian yang terdapat noda minyak lalu gosokkan secara merata. Kemudian tarik bagian dalam kaus sehingga bagian luar kaus berada di dalam, dan rendam kaus yang digosok dalam air mendidih. Ulangi sampai nodanya hilang, setelah itu baru kita cuci dengan detergen seperti biasa, namun pastikan pakaian tersebut tidak tercampur dengan pakaian lain.

  1. Menggunakan bedak bayi

Bedak bayi merupakan bedak yang sering kita gunakan untuk kulit bayi setelah mandi. Ternyata bedak ini juga bisa membantu mengurangi noda minyak yang membandel. Caranya usap area yang bernoda dengan kain tebal hingga berkurang, lalu taburi bedak bayi hingga noda tertutup merata, dan usapkan bedak bayi pada kain menggunakan kain tebal. Lakukan ini sampai bedak bayi hilang dari kain. Tuangkan detergen ke area yang telah digosok tadi, lalu gunakan sikat gigi untuk menggosok area tersebut hingga halus. Ulangi pada sisi kain yang berlawanan untuk hasil terbaik. Setelah itu, cuci pakaian seperti biasa, namun pastikan pakaian tersebut tidak tercampur dengan pakaian lain.

  1. Menggunakan WD40

WD40 adalah solusi kaleng semprot serbaguna. Sering digunakan untuk membersihkan area dengan kotoran yang membandel seperti kotoran dapur. Meski tergolong larutan keras, kita juga bisa menggunakannya untuk membersihkan noda minyak pada pakaian. Cara menghilangkan minyak pada pakaian dengan WD40 ini mirip dengan cara-cara sebelumnya yaitu dengan cara menyemprotkan WD40 pada noda dan menggosok nya secara merata dan biarkan selama 20 menit.

Tetapi pastikan untuk mencobanya pada bagian kain yang tidak terlalu terlihat terlebih dahulu. Karena cairan WD40 cukup keras dan bisa merusak jaringan. Jika aman, lakukan dan tetap diam. Setelah itu, bilas dan cuci dengan deterjen seperti biasa. Seperti metode lainnya, cuci pakaian tanpa mencampurnya dengan pakaian lain.

Itu dia beberapa cara menghilangkan noda oli pada pakaian yang dapat Anda coba di rumah. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua. Kunjungi situs dari Konveksi Tangerang untuk mendapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya.