Baju Pengantin Adat Sunda Hijab – Pernikahan merupakan momen sakral sekali dalam seumur hidup. Tak jarang banyak orang yang rela menghabiskan banyak uang demi hari pernikahan mereka. Banyak orang yang melangsungkan pernikahan beranggapan sebagai ajang untuk menunjukan tanah kelahirannya, salah satunya adalah adat Sunda.

Baju Pengantin Adat Sunda Hijab

Pada saat melangsungkan pernikahan banyak dari mereka yang mempeributkan baju pengantin yang digunakan. Baju pengantin memang sangat penting untuk dibahas. Baju pengantin ini menggambarkan mengenai siapa diri kita dan apa adat kita.

Pada kesempatan kali ini kami ingin membahas kepada kalian semua mengenai baju pengantin adat Sunda hijab. Kali saja pakaian adat Sunda yang akan kami berikan kepada kalian dapat menjadi referensi pilihan yang tepat untuk kalian. Tidak usah tunggu lama lagi mari kita bahas bersama dibawah ini.

1. Perpaduan Kebaya Putih dengan Warna Emas

Baju Pengantin Adat Sunda Hijab

Kebaya putih memang menjadi warna favorit untuk gaun pernikahan. Kamu bisa kenakan kebaya dengan full payet seperti ini. Agar semakin memperkental adat Sunda, pilih siger berwarna gold dan juga kembang goyang berwarna senada. Siger ini merupakan mahkota yang menjadi aksesoris wajib bagi pengantin Pasundan.

Siger terdiri dari ornamen yang padat dengan ukiran, motif dengan detail tinggi dan hiasan permata di sekitarnya. Makna mahkota ini identik dengan kesetiaan dan pengabdian terhadap istri. Agar penampilanmu semakin menawan, kamu juga bisa mengenakan hena berwarna putih di tangan.

2. Tampil Berani dengan Kebaya Warna Biru

Baju Pengantin Adat Sunda Hijab

Jika kamu bosan dengan warna putih, kebaya bernuansa bronze seperti ini bisa menjadi pilihanmu. Kamu bisa memadukan kebaya dengan inner manset berwarna senada. Cara ini dapat menyiasati agar warna inner, brokat dan payet gak terlihat menumpuk. Jika kamu memakai kebaya berwarna biru seperti ini, kamu bisa memilih Siger berwarna gold bronze.

3. Kebaya Cokelat yang Menyatu dengan Dekorasi

Baju Pengantin Adat Sunda Hijab

Memakai kebaya berwarna cokelat di tengah dekorasi yang berwarna hijau gak akan menjadi masalah di hari pernikahan. Justru warna ini tampak menyatu dengan warna alam yang kamu usung sebagai konsep pernikahan kalian. Kebaya panjang dengan model slit di depan bisa kamu padukan dengan batik samping lereng eneng berwarna cokelat.

Pilihlah siger dan kembang goyang berwarna senada. Kembang goyang ini terdiri dari 7 buah sunduk bunga yang berada di atas sanggul. Lima buah kembang goyang akan menghadap ke depan dan dua buah lainnya menghadap ke belakang. Kembang goyang menjadi simbolisasi bahwa wanita harus terlihat cantik dari depan maupun dari dalam.

4. Kebaya dengan Dekorasi Mutiara membuat Tampilan semakin Menawan

Baju Pengantin Adat Sunda Hijab

Kebaya yang memiliki warna perpaduan broken white dan peach ini bisa membuat tampilan di hari pernikahan semakin memesona. Kamu bisa pilih bahan dan motif kain yang rapat agar gak terlalu membutuhkan kain tile terlalu banyak.

Jika ingin menambahkan ekor pada kebaya, gunakan ekor yang berhiaskan taburan mutiara dan beads yang memiliki warna senada dengan kebaya. Tambahkan juga siger dan kembang goyang berwarna silver yang dipadukan dengan warna champagne untuk menonjolkan kesan elegan.

5. Warna Kebaya Modern Rose Gold

Baju Pengantin Adat Sunda Hijab

Menggunakan kebaya tradisional berwarna rose gold seperti ini dapat membuat penampilan kalian terlihat lebih modern. Kebaya minimalis dengan detail payet yang menyebar di seluruh kebaya semakin menambah kesan elegan. Tambahan ekor pada kebaya yang berbahan tulle seperti ini bisa menjadi inspirasi kalian dalam memilih baju pengantin adat sunda hijab.

Gunakan warna yang senada untuk ekor pada kebaya. Pilihan warna siger dan kembang goyang berwarna gold bronze tampak menyatu dengan pakaianmu. Hena berwarna cokelat bisa menjadi fokus point untuk penampilan kalian di hari pernikahan nanti.

Itu tadi beberapa referensi baju pengantin adat sunda hijab yang bisa menjadi inspirasi. Pada pernikahan adat Sunda, biasanya mempelai wanita juga mengenakan untaian bunga melati yang biasanya disebut sebagai ronce. Ronce melati ini dimulai dari sanggul sebelah kiri, kemudian dijatuhkan ke sebelah kanan hingga sepanjang dada.

Di balik cantiknya bunga melati ini, ronce dimaknai sebagai kesucian dan kemurnian si pengantin perempuan. Nah, sekarang sudah tahu kan mau pakai apa saja untuk hari pernikahan nanti.