Bagaimana Kemasan yang Efektif – Bagi Anda seorang pebisnis pasti tahu bahwa kemasan memegang peranan penting sebagai titik kontak pertama antara suatu produk dengan konsumen nya. Hal ini sangat besar pengaruhnya terhadap niat beli konsumen. Kemasan yang baik akan menarik konsumen untuk membeli produk Anda, meskipun mereka tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang produk tersebut.

Bagaimana Kemasan yang Efektif

Dalam hal niat beli dan kepuasan produk, kemasan yang baik memegang peranan penting. Kemasan yang efektif juga akan berfungsi sebagai ikon produk, yang secara mulus mengintegrasikan citra merek ke dalam benak konsumen. Selain itu, produk yang dikemas dengan buruk seringkali gagal menarik pembelian konsumen.

Di sini kami akan membagikan 5 tips bermanfaat untuk membuat kemasan makanan yang efektif yang telah kami kutip dari situs produsen kertas nasi coklat berikut ini:

  1. Kreatif dan ergonomis

Desain kreatif dan inovatif yang memungkinkan kemudahan penggunaan atau konsumsi makanan adalah kebutuhan di dunia modern. Konsumen modern yang sibuk menghargai kesederhanaan dan kenyamanan makan saat bepergian.

  1. Warna dan fitur unik

Warna-warna cerah sering digunakan untuk mempercantik tampilan dan daya tarik kemasan makanan. Warna metalik seperti emas digunakan untuk memberikan kesan mewah dan elegan pada sebuah produk.

Untuk menarik konsumen, disarankan untuk menggunakan kemasan dengan desain yang unik. Jika perlu, Anda dapat membuat desain baru yang berani yang dapat menjadi fitur eksklusif yang mewakili identitas produk dan merek Anda. Fitur unik ini memudahkan konsumen untuk mengenali produk Anda, atau menjadikan produk Anda ikon dari produk sejenis lainnya.

  1. informatif

Deskripsi produk yang jelas dan ringkas pada kemasan produk, disertai dengan deskripsi cara penggunaan produk, sangat membantu konsumen. Penting juga untuk menyertakan sertifikasi yang diperlukan untuk produk makanan Anda dari lembaga pemerintah resmi di negara tempat produk tersebut dipasarkan.

Misalnya, produk makanan ringan akan memerlukan sertifikasi dari Kementerian Kesehatan atau BPOM.

  1. ukuran

Sesuaikan kemasan dengan ukuran produk Anda. Hindari kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk produk untuk menghindari kerusakan produk.

  1. Target konsumen

Produk dengan kemasan premium akan membutuhkan biaya produksi yang tinggi yang pada gilirannya akan meningkatkan harga jual. Oleh karena itu, sebelum membuat kemasan produk, Anda perlu mempertimbangkan target konsumen dari produk tersebut. Jika target konsumen kami adalah kelas menengah ke bawah, maka akan sulit bersaing dengan biaya tinggi. Namun, jika target konsumen nya adalah kalangan menengah ke atas, kemasan premium ditambah dengan harga jual produk yang lebih tinggi tidak akan menyurutkan minat konsumen.